Alasan Mobile Legends Sangat Digemari di Indonesia

Debroo.net. Mobile Legends adalah game yang sangat digemari pengguna perangkat mobile di Indonesia saat ini. Bahkan di Playstore sudah tembus 100 juta instalan, belum lagi yang diinstal dari luar dan dari Apple Appstore.

Mobile Legends
Mobile Legends

Saat ini banyak game bergenre Moba (Massively Online Battle Arena) namun mengapa Mobile Legends yang dipilih pengguna?.

Mobile Legends termasuk Game Moba yang tersedia di Google Playstore dan dapat diunduk serta dimainkan:

  • Vainglory
  • Arena of Valor
  • Heroes Evolved
  • Heroes Arena
  • Light X Shadow
  • Ace of Arena
  • Paladin Strike, dan lain-lain.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi popularitas Mobile Legends dan akan dijabarkan dengan singkat satu-persatu.

1. Ramah dengan HP spek minim

Mobile Legends memiliki settingan grafis Rendah, Sedang dan Tinggi. Tahu sendiri lah ya orang Indonesia ga semuanya Hpnya bagus-bagus dan high-end, jadi bagi yang Hpnya biasa aja bisa menggunakan set Sedang atau set Rendah.

Set rendah ini sendiri memang menurunkan kualitas grafis dan bikin ML suka diejek “Moba kok 8 bit”. Namun pengguna banyak yang suka set ini karena meminimalisir kinerja Prosesor & GPU serta mengurangi panas HP.

 2. Gameplay mudah dimengerti

Mobile Legends adalah game yang sangat mudah dimengerti, karena selain Tutorialnya disampaikan dengan baik, Developernya paham cara membuat hero yang mudah digunakan diberi harga murah, diskon, dan gratis.

Sedangkan hero yang susah digunakan diberi harga mahal. Ini membuat pemula membeli hero mudah dulu dan kemudian mengerti dengan mudah cara memainkan game ini.

Disediakan juga mode AI dan Custom agar mempermudah player untuk latihan dan mencoba hero baru.

3. Mayoritas Hero berbentuk manusia

Hero di Mobile Legends saat ini ada 60an dan kebanyakan adalah manusia, dan ada beberapa yang merupakan bagian dari sejarah atau karakter iconic suatu tempat seperti Lapu-lapu, Yi Sun-Shin dan Gatotkaca.

Di beberapa Moba lain, terlalu banyak karakter non-manusia seperti robot, monster, makhluk ghaib, makhluk mitos dan lain sebagainya, kendalanya adalah icon mereka lebih sulit untuk dikenali di mini map dan suara mereka agak mengganggu karena banyak gerungan yang tidak jelas.

4. Mudah menemukan teman mabar

Pemain ML cukup mudah ditemukan, baik itu di sekitar tempat tinggal, di lingkungan kerja, kampus, maupun sekolahan sehingga memudahkan kita buat mabar (main bareng). Bahkan lebih mudah ditemukan secara online, banyak grup mabar ML yang tersebar di berbagai media sosial bahkan ada grup mabar untuk tiap tier.

5. Kemudahan komunikasi antar anggota tim

Untuk komunikasi, mabar offline (ketemuan langsung) adalah yang terbaik, karena kita bisa ngomong langsung ke temen kita, asik juga sambil nongkrong di kafe, di pos ronda, maupun teras rumah. Selain komunikasi mudah, banyak hal yang dapat membuat ngakak bareng saat mabar offline.

Sedangkan yang mabar online, telah disediakan in-game chat dan in-game voice chat. Untuk voice chat, saat ini menggunakan app Discord lebih disarankan.

6. Suara Host/Announcer yang menggugah

Kami telah mencoba banyak Moba HP, dan Suara dari Host/Announcer Pertandingan di Mobile Legends adalah yang paling menggugah semangat. Intonasi dan lafal yang jelas membuat pemain betah mendengarnya walaupun sudah dengar berkali-kali dan hampir setiap hari.

Suara seperti Killing SPREE, MEGA KILL, UNSTOPPABLE, MONSTER KILL, GODLIKE, LEGENDARY entah kenapa punya daya tarik tersendiri, apalagi kalau ia sudah bilang Maniac dan Savage, bisa koprol kita saking senangnya.

Suara-suara seperti itu juga terdapat di hampir semua moba hp, namun entah kenapa mereka terdengar kurang bersemangat dan untuk hal ini kalian bisa cek sendiri dengan cara menjajal moba-moba tersebut.

7. Tips dan Panduan disediakan dimana-mana oleh pemain pro

Kemudahan dalam mendapatkan panduan, tips dan trick dalam penguasaan hero adalah salah satu kelebihan Mobile Legends. Panduan-panduan tersebut bisa ditemui di In-game LiveStream, YouTube, Website, Forum Resmi, Media Sosial, dan lain-lain.

Panduan/Guide tersebut banyak yang disediakan secara profesional oleh pemain-pemain pro. Untuk panduan pada website, Irumira.com adalah yang paling disarankan karena pembahasan item dan hero dijabarkan dengan baik.

8. Turnamen lokal dan Nasional banyak yang diselenggarakan di Indonesia

Untuk ukuran e-sport kecil-kecilan seperti Mobile Legends, ternyata cukup banyak turnamen yang terselenggara. Untuk turnamen resmi ada Mobile Legends Professional League Indonesia dan Mobile Legends South East Asia Championship yang mana finalnya dilakukan di Indonesia. Dan hadiahnya tembus ratusan juta rupiah.

Banyak juga turnamen lokal disekitaran kita seperti di tempat nongkrong atau cafe-cafe, di kampus, sekolahan, maupun diadakan oleh instansi tertentu. Banyak juga turnamen yang diadakan secara online.

Selain 8 poin diatas, masih banyak keunggulan lainnya seperti sistem pembelian diamond yang mudah dan seringnya event untuk mendapat skin dan hero gratis, dan tentunya tidak perlu dibahas terlalu jauh.

Mobile Legends sendiri bisa dibilang Moba Mobile yang cukup tua karena sudah ada di kuarter akhir 2016, jadi tak heran jika ia telah memiliki banyak fitur dan dukungan.

Terlepas dari beberapa keunggulan diatas, tidak sedikit juga ejekan untuk Mobile Legends seperti “Moba kok Analog” dan “Moba kok 8 bit”.

Pemain ML sendiri tidak banyak yang ambil pusing dengan hal-hal tersebut karena main juga ambil funnya saja karena faktanya hampir semua Moba Mobile Lehgends menggunakan analog (Virtual D-Pad). Akhir kata, happy gaming!.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *