Nggak Nyangka! Ternyata Ada 5 Fakta Mengejutkan Tentang Bagian Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui

Debroo.net. Nggak Nyangka! Ternyata Ada 5 Fakta Mengejutkan Tentang Bagian Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui. Tuhan menciptakan manusia sesuai dengan gambarnya dengan kesempurnaan yang tidak dimiliki makhluk lainnya.

Fakta Ajaib Bagian Tubuh Manusia
Fakta Ajaib Bagian Tubuh Manusia

Sudah kewajiban kita untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah dikaruniakan Tuhan pada diri kita. Namun, siapa sangka Ternyata Ada 5 Fakta Mengejutkan Tentang Bagian-Bagian Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui oleh manusia awam seperti kita. Penasaran?

1. Ternyata Manusia Dewasa memiliki sekitar 70.000 pemikiran, gagasan dan ide per hari

Para ilmuwan di dunia medis neurosains atau keilmuan tentang saraf mengungkapkan bahwa manusia dewasa memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap hari. Jika Anda tidak percaya silahkan hitung sendiri hehee. Fakta tersebut berhubungan dengan telekinesis.

Pernah dengar tentang keahlian telekinesis? telekinesis merupakan kekuatan luar biasa dalam tubuh manusia untuk menggerakan, merubah, atau mengangkat suatu barang hanya dengan kekuatan otak dan konsentrasi.

Namun sayangnya, manusia hanya mampu menggunakannya tidak kurang dari 100 ide dan gagasan. Hal itu disebabkan beberapa faktor, kekurangmampuan konsentrasi, rutinitas yang membuat otak menjadi jenuh, serta faktor usia menjadi penghambat manusia dalam memaksimalkan kemampuan otaknya tersebut.

2. Ternyata Kecepatan Bersin setara dengan kecepatan harimau berlari.

Pernah bersin? atau malah gak pernah bersin, dan kita juga wajib tahu fakta bersin yang sering kali kita lakukan jika hidung mulai gatal dan rasanya seperti ada yang ingin keluar, dan begitu bersin, kita jadi plong.

Ternyata Bersin manusia bergerak dengan kecepatan di bawah 40 mph (64 kph), alias kecepatan yang sama dengan harimau yang berlari!. Maka semburan udara dan butiran air yang mengandung kuman akan terlontar hingga jarak 9 meter!. Jadi sebaiknya ketika akan bersin hendaknya hidung ditutup ya.

Baca Juga :  Seorang Guru dari Bima, Tunggu 11 Tahun Untuk Kembalikan Uang Milik Polisi yang Dia Temukan di Masjid di Malang

Dan, fakta unik tentang bersin adalah bahwa kita manusia tidak dapat mangontrol bersin, tidak akan tahu kapan bersin dan manusia berhenti bersin adalah hanya saat tidur,  karena selama fase tidur atau REM, otot mata dan hidung Anda, lumpuh untuk sementara waktu.

Bahkan, ketika Anda tidur tidak dalam fase REM, neuron yang bertanggung jawab untuk menyebabkan bersin, tetap dalam kondisi tidak aktif. Jadi, itulah sebabnya ketika tidur, Anda tidak akan bersin

Selain itu, sadarkah kita bahwa saat bersin akan selalu menutup mata? Saraf-saraf di hidung Anda benar-benar terhubung ke saraf di mata. Jadi,ketika ada rangsangan yang menyebabkan bersin, mata Anda otomatis berkedip dan menutup.

3. Ternya Hidung memiliki kemampuan untuk mengenali lebih dari 50.000 aroma yang berbeda

Wangi parfum, bunga, buah, masakan, benda-benda kesukaan, bahkan orang yang kita kenal memiliki bau yang khas. hal tersebut karena ternyata hidung kita dapat mengenali lebih dari 50.000 aroma yang berbeda. Walaupun tanggapan para ahli bahwa hidung manusia bisa mengenali triluyanan aroma.

4. Mata Normal Manusia memiliki ketajaman 576 megapixel

jika mata manusia adalah kamera digital, maka mata kita ini memiliki 576 megapixel yang dapat membedakan sekitar 10 juta warna yang berbeda! Wah wah, nggak kebayang deh, betapa berharga dan baiknya Tuhan memberi kita mata ini, ya.

5. Lidah Manusia bisa merasakan 10.000 rasa

Dan fakta terakhir ini tentang lidah kita yang bisa merasakan sekitar 10.000 rasa, sebagian besar terletak di sekitar tonjolan kecil di lidah kita yang disebut bintil pengecap sejumlah 2000-10.000.

Pada bintil pengecap terdapat sel sensorik yang berfungsi untuk merasakan rasa-rasa umum seperti asam, manis, pedas, asin sampai pahit.

Baca Juga :  Berita Viral Mobil Anies Baswedan Tak Antre, Ada Emak Ngomel di Medsos, Tim Anies-Sandi Langsung Klarifikasi

Sebuah penelitian mengungkapkan jumlah bintil pada lidah mencapai 10 ribu buah dan dalam istilah biologi, mereka yang memiliki bintil lebih dari 10 ribu buah disebut “supertaster” atau mereka yang punya indera pengecap super.

Sementara itu, mereka yang bintil pengecapnya kurang dari 10 ribu disebut “non-taster”. Umur bintil pengecap biasanya cuma bertahan 14 hari dan tubuh akan langsung menggantinya dengan yang baru.

Ternyata hebat juga ya lidah manusia meski hanya memiliki panjang rata-rata 8,5 cm namun kehebatannya dalam merasakan rasa sangat besar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *