Indahnya Wisata Alam Jogja, Gunung dan Pantai Sama Cantiknya

Indahnya Wisata Alam Jogja, Gunung dan Pantai Sama Cantiknya
sumber:tourkejogja.com

Menikmati Jogja tak hanya soal keindahan budaya dan adat istiadatnya yang masih terjaga hingga sekarang. Namun Daerah Istimewa ini juga memiliki ratusan tempat wisata alam yang cantik dan sayang kalau sampai dilewatkan kalau kamu sedang liburan di sana.

Baik pantai maupun gunungnya, keduanya sama memesona. Pilihan tempat wisata di Jogja pun bertebaran dari ujung utara hingga selatan. Dan masing-masing tempat wisata memiliki keunikan dan kelebihan yang menarik.

Masih bingung mau wisata alam di Jogja? Beberapa tempat berikut ini bisa jadi alternatif ide liburan kamu nanti.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir yang terletak di Pantai Parangkusumo ini tak hanya menawarkan permainan snowboarding yang merupakan satu-satunya di kawasan Asia Tenggara. Namun juga memberikan pemandangan senja nan indah, dan ayunan santai yang bisa jadi spot foto menarik.

Tapi yang tak boleh dilewatkan di kawasan ini tentu saja permainan snowboarding, yang bisa kamu lakukan dengan menyewa papan seluncur di sana. Hanya di sini kamu bisa berseluncur dengan bebas di atas pasir yang membentang luas. Karena tak ada lagi tempat di Indonesia yang punya gumuk pasir selain Jogja.

Kedung Watu

Tempat wisata di Jogja yang sedang ngehits belakangan ini adalah Kedung Watu. Sempat menjadi kontroversi karena tumpukan batu yang ditata di sana, namun kini Kedung Watu kembali dibuka untuk umum dan menjadi spot wisata andalan di kawasan Sedayu, Bantul.

Batu-batu yang bertumpuk di sini bukanlah sebuah fenomena alam. Melainkan karya dari para seniman yang menata batu-batu alam dengan tatanan yang apik dan membuat kawasan sekitar aliran sungai di Pegunungan Sedayu ini jadi lebih cantik.

Kedung Merang

Berlokasi di kawasan Kulon Progo, Kedung Merang adalah surga tersembunyi dengan aliran sungai kecil yang berair jernih. Di beberapa titik, aliran air sungai ini memiliki sisi curam yang membentuk air terjun mini dan di bawahnya membentuk sebuah kolam yang saking jernihnya dasarnya, membuat air sungai jadi nampak berwarna biru.

Jangan lupa membawa baju ganti kalau main ke tempat wisata di Jogja ini. Karena kamu pasti tergoda untuk masuk ke dalam airnya yang sejuk.

Pantai Drini

Beberapa tahun belakangan, berbagai jalur ke pantai di kawasan selatan Jogja mulai terbuka aksesnya untuk umum. Salah satunya adalah menuju kawasan Pantai Drini.

Tidak seperti pantai lain yang berombak besar, Pantai Drini memiliki ombak yang lebih tenang dan air laut yang bening. Tidak hanya memiliki pemandangan senja yang memukau, kamu juga bisa main kano di tepi pantai Drini yang cantik.

Cangkringan

Megahnya kawasan puncak Gunung Merapi terlihat dengan amat jelas dari Cangkringan, Sleman. Puncaknya yang terbelah, dengan gumpalan asap dari kawah Merapi menjadi pemandangan luar biasa indah dari tempat wisata di Jogja ini.

Dulunya tempat ini adalah gardu pandang untuk mengamati aktivitas Gunung Merapi. Namun lama kelamaan menjadi spot yang menarik wisatawan, karena keindahannya yang luar biasa, terutama ketika cuaca cerah tiba.

Ternyata Jogja nggak cuma punya Malioboro, Keraton dan Parangtritis kan? Ada banyak destinasi menarik lainnya dari kota cantik ini yang bisa kamu simak di Traveloka Aktivitas & Rekreasi. Semuanya indah dan layak untuk dikunjungi.

Jadi, kapan berangkat liburan ke Jogja?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *