Inilah 11 Busana Adat Pernikahan Lampung yang Bikin Kagum

Debroo.net. Inilah 11 Busana Adat Pernikahan Lampung yang Bikin Kagum. Indonesia memang sangat kaya budaya, tidak terkecuali Lampung yang juga memiliki busana adat Pernikahan Lampung. 

Dan tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, banyak pengantin yang selalu ingin tampil menawan dengan balutan busana adat pernikahan dari berbagai daerah.

Termasuk pengantin wanita di Adat Lampung tentu saja akan mengenakan siger dan seraja bulan yang bertahta di atas kepala dan membuatnya terlihat mewah bagai putri raja. Kedua mempelai juga bakal mengenakan banyak perhiasan di bagian leher, dada, pinggang dan juga lengan.

Nah, bagi kamu yang pengen menggelar resepsi pernikahan adat Lampung? Inilah 11 Busana Adat Pernikahan Lampung yang Bikin Kagum dan bisa kamu gunakan.

1. Busana Adat Pernikahan Lampung Perpaduan siger emas dengan kebaya biru bercorak gold bisa bikin penampilanmu di hari bahagia semakin keren

Busana Adat Pernikahan Lampung Perpaduan siger emas dengan kebaya biru bercorak gold
Busana Adat Pernikahan Lampung Perpaduan siger emas dengan kebaya biru bercorak gold.
Foto : instagram.com/ligartphotography

 

2. Busana Adat Pernikahan Lampung dengan kebaya warna biru berpayet silver dengan siger warna keperakan bikin kamu dan pasangan akan dikagumi banyak orang

Busana Adat Pernikahan Lampung dengan kebaya warna biru berpayet silver dengan siger warna keperakan
Busana Adat Pernikahan Lampung dengan kebaya warna biru berpayet silver dengan siger warna keperakan.       
Foto : instagram.com/ligartphotography

3. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan warna merah dan emas bikin acara pernikahanmu jadi tambah mewah

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan warna merah dan emas
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan warna merah dan emas. 
Foto : instagram.com/ligartphotography

4. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan warna abu-abu dan perak bikin hari pernikahanmu tambah istimewa

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan warna abu-abu dan perak
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan warna abu-abu dan perak. 
Foto : instagram.com/ligartphotography

5. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya putih dan siger warna emas bikin kamu terlihat sangat elegan

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya putih dan siger warna emas
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya putih dan siger warna emas.
Foto : instagram.com/mindfolkswedding

6. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya panjang warna biru dilengkapi dengan aksesoris warna emas semakin memancarkan pesonamu.

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya panjang warna biru dilengkapi dengan aksesoris warna emas
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya panjang warna biru dilengkapi dengan aksesoris warna emas.
Foto : instagram.com/didietmaulana

7. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan dominasi warna emas dengan navy blue cocok untukmu yang ingin tampil eye-catching di hari pernikahan.

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan dominasi warna emas dengan navy blue
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan dominasi warna emas dengan navy blue.
Foto : instagram.com/verakebaya/

8. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan setelan warna krem keemasan bikin kamu semakin menawan

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan setelan warna krem keemasan
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan setelan warna krem keemasan. 
Foto : instagram.com/verakebaya/

9. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya warna hijau dengan siger dan perhiasan warna keemasan bikin kamu segar dihari pernikahan.

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya warna hijau dengan siger dan perhiasan warna keemasan
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya warna hijau dengan siger dan perhiasan warna keemasan.
Foto: instagram.com/ligartphotography

10. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan Kebaya putih dengan seraja bulan warna perak akan membuatmu tampil elegan

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan Kebaya putih dengan seraja bulan warna perak
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan Kebaya putih dengan seraja bulan warna perak.
Foto: Surga Photography by thebridedept.com

11. Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya warna orange soft dengan siger warna gold bikin kamu semakin manis dan cute.

Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya warna orange soft dengan siger warna gold
Busana Adat Pernikahan Lampung perpaduan kebaya warna orange soft dengan siger warna gold.
Foto: Surga Photography by thebridedept.com

Nah, kira-kira dari 11 Busana Adata pernikahan Lampung tersebut momor berapa yang paling ingin kamu kenakan di hari pernikahanmu nanti?.

Busana adat laki-laki suku Lampung umumnya terkesan sederhana, yakni berupa lengan panjang berwarna putih, celana panjang hitam. sarung tumpal, sesapuran dan khika akhir.

Baca Juga :  Inilah Cara Mudah Membuat SKCK Online dan Manual di Bandar Lampung

Mengenai Sarung Tumpal yakni kain saung khas dari Lampung yang ditenun dengan menggunakan benang emas. Sarung ini dipakai di luar celana, panjangnya mulai dari lutut hingga pinggang.

Setelah sarung, adalah khikat akhir atau selendang bujur sangkar dikenakan dengan melingkarkakan ke pundak menutupi bahu.

Busana adat untuk pengantin laki-laki suku Lampung dilengkapi dengan beragam aksesoris, pernik perhiasan. Setidaknya terdapat delapan perhiasan yang umumnya dikenakan oleh pengantin laki-laki.

Kalung Papan Jajar
Yakni kalung dengan gantungan berupa tiga lempengan siger kecil/perahu yang disusun dengan ukuran yang berbeda. Makna dari kalung ini yakni simbol kehidupan baru yang akan mereka jalani serta dilanjutkan secara turun temurun ke anak cucu mereka.

Kalung Buah Jukum
Yakni sebuah kalung dengan gantungan berupa rangkaian miniatur berupa buah jukum sebagai simbol do’a supaya mereka segera mendapat keturunan.

Selempeng Pinang
Yakni Kalung panjang yang berupa gantungan menyerupai buah atau seperti bunga.

Ikat Pinggang
Ikat pinggang yang diberinama bulu serti dilengkapi dengan akesesoris sebuah terapang (keris) yang merupakan senjata tradisional khas Lampung.

Gelang Burung
Yakni Gelang pipih dilengkapi dengan aksesoris berbentuk burung garuda terbang. Gelang yang dipakaikan di lengan tangan kanan dan kiri ini. menyimbolkan kehidupan panjang dan kekerabatan yang terjalin usai menikah.

Gelang Kano
Yakni gelang yang mirip bentuk ban. Gelang ini dikenakan pada lengan kiri dan kanan di bawah gelang burung. Gelang ini melambangkan pembatasan atas semua perbuatan burut usai menikah.

Gelang Bibit
Yakni sebuah gelang yang dipakaikan di bawah gelang Kano. Gelang ini melambangkan do’a yang maknanya hampir sama atau bahkan sama dengan kalung buah jukum yaitu agar segera mendapat keturunan.

Lalu, bagaimana dengan Pakaian adat Wanita lampung, tentu saja tidak jauh berbeda ada Sesapuran, Khikat akhir, sarung rumpai (tapis) juga ada pada pakaian pengantin wanita ini. Namun, pada wanita ini ada perlengkapan-perlengkapan lain yang menambah nilai keindahan dan estetis seperti bebe, selappai, katu tapis dewa sano.

Mengenai selappai sendiri yakni baju tanpa lengan dengan tepi pada bagian bawah berhiaskan rumbai ringgit. Selanjutnya Bebe yakni sulaman benang satin berbentuk bunga teratai yang mengembang, sedangkan Tapis dewa sano yakni rumpai ringgit dar kain tapis jung jarat.

Siger
Siger adalah mahkota emas yang khas digunakan pada kepala pengantin wanita. Mahkota ini menyimbolkan keagungan adat budaya lampung. Siger mempunyai sembilan ruji. menandakan bahwa terdapat sembilan sungai di Lampung.

Baca Juga :  Simak, Alasan Pemerintah Lampung Selatan Ganti 471 Kepala Sekolah

Kesembilan sungai itu adalah, Way Sekampung, Way Semangka, Way Sunkani, Way Seputih, Way Tulang bawang, Way Abung Pareng, Way Mesuji dan Way Kanan.

Seraja Bulan
Seraja bulan yakni mahkota kecil memiliki ruji tiga yang terletak di atas siger dengan jumlah sebanyak lima buah. Asesoris Pakaian adat Lampung ini memiliki arti sebagai pengingat bahwa dahulu kala ada lima kerajaan yang sempat berkuasa di Lampung.

Ke lima kerajaan itu adalah Kerajaan Ratu di puncak, Kerajaan Ratu di belalu, Kerajaan Ratu di punggung, Kerajaan Ratu di pemanggilan, dan Kerjaan Ratu darah putih.

Saraja bulan juga dapat menyimbolkan lima filsafat hidup masyarakat Lampung, seperti Piil pesengiti (rasa harga diri), nemui nyimah (terbuka dalam tanggapan). nengah nyappur (hidup bermasyarakat), juluk adek (bernama bergelar) dan satu lagi sembayan (gotong royong).

Subang
Subang yakni perhiasan yang digantungkan pada ujung daun telinga. Subang umumnya berbentuk menyerupai buah kenari dan terbuat dari bagan emas. Pada Subang ada beberapa kawat kuning bulat lonjong yang berfungsi untuk sangkutan umbai-umbai.

Perhiasan Leher dan Dada
Beberpa jenis perhiasan leher dan dada yang ada dalam pakaian adat Lampung antara lain adalah kalung buah jukum, kalung ringit, serta kalung papanjajajar.

Mengenai kalung papanjajar adalah kalung dengan gantungan tiga lempengan siger kecil atau perahu yang menjadi lambang kehidupan baru bagi para pengantin, selanjutnya kalung ringit adalah kalung dengan aksesoris 9 buah uang ringgit, dan kalung buah jukum yakni kalung berbentuk menyerupai buah jukum yang dirangkai sebagai simbolis supaya mereka mendapat keturunan.

Perhiasan Lengan dan Pinggang
Perhiasan lengan memiliki banyak ragam jenis gelang seperti gelang burung, kano, bibit dan gelang duri. Arti dari gelang-gelang tersebut yang dikenakan wanita sama persis dengan gelang yang digunakanan pria.

Perhiasan Pinggang berupa selempang pinang yang sengaja digantungkan melintang dari bahu ke pinggang menyerupai bunga dan bulu serti sebuah ikat pinggang yang terbuat dari kain beludru memiliki warna merah berhias kelopak bunga terbuat dari kuningan.

Mohon maaf apabila ada kesalahan informasi dan jika ada masukan boleh kok, terkait apakah semua foto tersebut diatas benar Busana Adat Pernikahan Lampung atau Busana Adat Pernikahan Sumatera Selatan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *