Ini Ciri ciri Mau Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Perlu Untuk Dikenali

Loading...

Debroo.net. Ini Ciri ciri Mau Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Perlu Untuk Dikenali.  Memasuki masa kehamilan trimester ketiga, ibu hamil harus mulai waspada akan tanda-tanda akan melahirkan.

Pasalnya jika ibu hamil tidak tahu ciri ciri mau melahirkan, ibu hamil tidak akan mempersiapkan segala sesuatunya, akhirya berbagai resiko yang membahayakan pun terjadi. Padahal ketika segala persapan sudah matang dan ibu hamil mengetahui tanda kana melahirkan, persalinan yang nyaman, aman, dan selamat dapat diusahakan.

Untuk itulah Anda perlu mengetahui ciri dan tanda jelang persalinan supaya lebih siap dan matang meghadapi jalannya persalinan.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang tampak pada tubuh ketika detik-detik persalinan sudah dekat. Persiapkan diri secara matang guna menyambut kehadiran sang bayi mungil.

  1. Bayi sudah merosot turun ke panggul

Di minggu-minggu terakhir kehamilan, Anda akan merasakan bayi Anda suha merodot turun ke bagian panggul, atau biasa disebut ‘turun panggul’. Ketika hal ini berlangsung bayi Anda sedang mengatur posisi kepalanya di bawah sebagai salah satu persiapannya untuk lahir.

Bayi yang sudah mulai turun dan merosot ini membuat Anda sedikit bisa bernapas lega karena tekanan pada bagian dada sudah berkurang. Namun turunnya bayi ke panggul justru menekan kandung kemih Anda sehingga Anda akan merasakan rasa ingin bola-balik ke kamar mandi guna buang air kecil. Hal ini sangat wajar terjadi di usia kehamilan yang sudah sangat tua. Dalam minggi-minggu tersebut, bersiaplah untuk menyambut si kecil di dunia.

  1. Leher Rahim mulai menipis dan membuka

Selain posisi bayi yang sudah mulai turun ke panggul, tanda Anda akan segera melahirkan adalah leher rahim mulai mekar dan menipis pada minggu-minggu jelang persalinan. Pada saat inilah dokter dapat melakukan pemeriksaan dalam guna melihat apakah persalinan sudah sangat dekat atau belum. Membukanya leher rahim ini tidak berlangsung cepat kecuali jika sudah mulao terkadi kontraksi pada rahim Anda.

  1. Kram perut dan nyeri pada bagia punggung

Ciri ciri mau melahirkan lain yaitu Anda akan merasakan tekanan yang luar biasa pada bagian perut dan panggul yang tak biasa. Rasa kram tersebut juga bisa muncul d dareha pangkal paga dan punggung bahwa sehingga cukup mengganggu aktivitas. Rasa sakit akan lebih terasa ketika ini adalah kehamilan yang pertama bagi Anda. Kram yang berlangsung merupakan tanda bahwa sendiri Anda sedang meregang sebagai persiapan kelahiran.

  1. Muntah dan diare lebih sering

Anda juga akan merasakan sensangi ingin munrah dan buang air besar (diare) yang lebih sering ketika hedak bersalin. Hal ini dikarenakan perubahan hormon yang terjadi pada tubuh saat  ibu hendak melahirkan. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi meskipun cukup mengganggu aktivitas. Pastika tubuh Anda terhidtasi dengan baik dengan banyak mengkonsumsi cairan lebih dari biasanya.

  1. Berat badan menurun

Ketika persalinan sudah dekat, Anda akan mendapati bahwa berat badan Anda mengalami penurunan. Anda sudah tidak merasakan penambahan jberat badan lagi. Meskipun demikian kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena ini normal. Bayi Anda tetap akan lahir dengan sehat dan memiliki berat badan normal meskipun berat badan Anda turun di detik-detik jelang persalinan.

  1. Air ketuban pecah

Jika Anda merasakan air yang merembes seperti kencing yang tak terasa, maka Ada sedang mengalami pecah ketuban. Ketuban yang pecah ini merupakan tanda bahwa perslainan Anda sudah sangat dekat. Segera hubungi dokter kandungan jika hal ini terjadi.

  1. Kelarnya lendir yang disertai darah

Lendir yang keluar disertai darah juga merupakan ciri ibu akan melahirkan. Cairan lendir yang bercampur  darah tersebut bisa berwarna cokelat atau kemeraha. Hal ini terjadi karena pada saat itulah leher rahim sudah mulai membuka. Segera minta bantuan jika Ada sudah mengalami tanda-tanda ini.

  1. Kontraksi yang semakin teratur

Pada saat menjelag persalinan Anda juga akan merasakan kontraksi. Kontraksi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kontrajsi asli dan kontraksi palsu. Kontraksi palsu hanya terjadi beberapa kali saja dan tidak berlangsung terus menerus. Sedangkan kontraksi asli terjadi terus menerus dan teratur. Ini merupakan tanda persalinan yang nyata,

  1. Perubahan kondisi psikologis ibu dan suasana hati

Pada saat menjelang persalinan, Anda juga akan merasakan perubahan suasana hati. Gejolak tersebut membuat Anda ingin menyendiri da sulit tidur di malam hari. Kondisi ini sangat wajar terjadi dan akan menghilang sendiri setelah melahirkan.

  1. Gerakan janin melambat

Anda juga akan merasakan lambatnya gerakan janin pada kandungan ketika hendak bersalin. Gerakan janin yang melambat ini disebabkan karena janin sedang mempetsiapkan diri dan mengatur tubuhnya untuk keluar dari rahim. Untuk itulah Anda tak perlu cemas jika hal ini terjadi pada Anda.

Itulah beberapa ciri-ciri ibu akan melahirkan yang perlu Anda ketahui. Siapkan energi lebih jelang persalinan dengan mengkonsumsi makanan sehat agar persalinan berjalan dengan lancar. Segera hubungi klinik atau rumah sakit terdekat jika Ada sudah mulai merasakan tanda-tanda diatas agar pertolongan segera Anda dapatkan.

Advertisements
No Response

Leave a reply "Ini Ciri ciri Mau Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Perlu Untuk Dikenali"