8 Ide Bisnis Desain Grafis Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0

Debroo.net. 8 Ide Bisnis Desain Grafis Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Desain grafis adalah sesuatu yang sudah tidak asing kita dengar beberapa waktu belakangan ini.

Desain grafis sendiri sebenarnya adalah proses menggabungkan beragam bentuk desain seperti ilustrasi, tipografi, fotografi, dan cetak untuk beragam kegunaan. Seperti mengajak, memberikan informasi, rambu, atau perintah.

Desain grafis sering kali disebut juga dengan desain komunikasi visual. Hal ini karena desain grafis mengandung pesan dan informasi yang disampaikan kepada audiens lewat medium visual apapun bentuknya.

Kini, desain grafis berkembang sangat pesat menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Apalagi saat ini kebutuhan desain grafis semakin meningkat seiring perkembangan dunia digital di era revolusi industri 4.0.

Strategi pemasaran dan penyebaran informasi sudah bisa dilakukan dengan cara digital, tentunya melalui perangkat teknologi yang ada seperti website, media sosial, gadget, smartphone dan perangkat lainnya. Sehingga kebutuhan desain grafis akan terus meningkat secara cepat, serta terus berkembang dan semakin banyak diminati dan digunakan oleh semua orang.

Online shop, website, media sosial dan beragam bentuk teknologi digital lainnya tengah berkompetisi di era revolusi industri 4.0, dan setiap hari semakin banyak bermunculan teknologi-teknologi digital terbaru dan tentu saja hal tersebut membutuhkan yang namanya desain grafis.

Dengan desain grafis, orang awam lebih mudah untuk mencerna informasi, baik melalui olah gambar, citra digital maupun video. Desain yang mudah dipahami akan mampu bertahan lama dan mudah tersebar di kalangan audiens yang kini semakin populer menggunakan media sosial dan gadget sebagai media sharing informasi paling cepat saat ini.

Di era revolusi industri 4.0, konten marketing juga akan semakin berkembang pesat, kini desain grafis memiliki banyak jenis yang semakin berkembang dengan cukup dahsyat.

Pada mulanya, desain grafis hanyalah sebuah alat untuk membuat desain yang dicetak. Contohnya adalah desain untuk undangan, poster, baliho, brosur, leaflet, dan lainnya.

Tapi kini, semua hal tersebut mengarah ke digital. Kini jenis desain pun semakin bertambah dengan adanya infografis, undangan online, poster online, dan lainnya yang serba digital, dapat di nikmati secara cepat dan mudah dapat di share dengan sekali sentuh kepada semua orang yang terhubung dalam konektivitas media sosial dan internet

Hal ini lah yang bisa dimanfaatkan oleh para desainer grafis, guna menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, dimana akan ada banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis untuk memenuhi kebutuhannya. Baik itu untuk kebutuhan pribadinya, maupun kebutuhan bisnis onlinenya.

Kebutuhan masyarakat akan desain grafis konvensional akan tetap tinggi. Tapi, akan ada dunia baru yang bisa dieksplor yaitu desain grafis di dunia digital. Dan belum banyak orang yang menguasai desain grafis digital. Peluang ini membuka kesempatan bisnis desain grafis yang lebih lebar lagi.

Untuk mengetahui peluang apa saja yang bisa menjadi bisnis desain grafis, berikut adalah ide bisnis desain grafis menjawab tantangan era revolusi industri 4.0

1.    Marketing dan Advertising

Desain grafis untuk pemasaran dan juga periklanan sangat banyak bisa ditemui contohnya di sekeliling kita. Mulai dari poster, pamflet, baliho, banner, dan beragam hal lainnya. Hal ini karena sebuah perusahaan atau bisnis akan memperkenalkan produknya agar bisa diketahui masyarakat luas. Baik itu melalui cara konvensional, maupun lewat langkah digital.

Desain grafis yang bagus tentu bisa mengajak orang untuk membeli atau menggunakan produk yang dipasarkan. Hal ini menjadi tugas utama dari desain grafis sebagai sebuah visual yang berisi informasi serta ajakan bagi masyarakat banyak.

Konten visual yang ada harus dibuat semenarik mungkin dan juga seinformatif mungkin. Agar semua orang bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan.

2.    Publication

Publikasi dahulunya merupakan sebuah bagian dari industri desain grafis yang sangat konvensional. Hingga hari ini, desainer grafis publikasi bertugas untuk membuat sebuah desain layout atau tampilan produk tulisan seperti majalah, koran, tabloid, katalog, buku, dan lainnya, sehingga mudah untuk dibaca.

Industri media cetak hingga kini terus bertahan dan membutuhkan desainer grafis. Mereka biasanya akan bekerja secara langsung berhubungan dengan editor dan juga penerbit untuk menciptakan sebuah produk desain yang mudah dibaca dan menarik sehingga orang mau membelinya. Mulai dari layout, warna, foto, ilustrasi, hingga pemilihan tipografi atau font.

Namun di era digitalisasi saat ini, kebutuhan publikasi sudah jauh lebih baik dilakukan melalui media sosial, dan website yang dapat melaju kencang berkat internet berkecepatan tinggi serta server hosting terbaik seperti yang dikembangkan oleh Niagahoster.

3.    Motion Graphic

Saat ini, desain grafis motion grafis atau gambar bergerak semakin digemari. Jika dulu karya atau hasil dari motion graphic hanya bisa ditampilkan di TV saja, kini semakin banyak media yang bisa menampilkannya.

Motion grafis sendiri adalah bagian dari seni desain grafis yang merupakan gabungan dari ilustrasi, fotografi, tipografi, dan juga videografi. Semua ini disatukan menjadi sebuah animasi bergerak sehingga menampilkan visual yang menarik.

Beberapa contoh dari desain grafis di antaranya adalah logo animasi, iklan, presentasi, promosi video, tutorial video, situs web, aplikasi, spanduk, dan video game.

Kini, desain grafis grafis motion banyak digunakan di berbagai platform digital. Terutama di sosial media. Hal ini karena penyebaran desain grafis motion grafis sangat mudah di media sosial. Sehingga banyak orang yang bisa melihatnya. Menjadikan pesan yang ingin disampaikan bisa lebih diterima oleh banyak orang.

4.    Packaging

Sedikit berbeda dengan desain grafis lainnya, packaging desain memiliki keunikan tersendiri. Walaupun kita sering melihatnya di sekitar kita, tapi kita juga sering melewatkannya. Sebagian besar produk bisnis membutuhkan desain packaging. Itulah sebabnya hal ini sangatlah penting.

Sebuah desain packaging yang baik akan bisa membuat penyimpanan yang baik, mudah didistribusikan, dan menarik sehingga bisa membuat banyak orang membelinya. Desain kemasan juga harus berkomunikasi langsung kepada konsumen dan bisa menjadi sebuah alat pemasaran yang baik. Apakah itu bentuk kotak, botol, tas, kaleng, tabung, atau kemasan plastik. Semuanya harus bisa menarik dan sangat baik.

5.    Environment

Desainer grafis adalah profesi yang bisa mengajak orang untuk datang dan menikmati suatu tempat. Mereka menggabungkan berbagai elemen desain dengan lingkungannya. Beberapa desain lingkungan yang bisa dilihat adalah rambu, mural, desainer museum, desain transportasi umum, interior toko, hingga beragam ruang konferensi.

Kita bisa melihat karya dari desainer dalam berbagai hal. Di kota-kota besar, desainer lingkungan biasanya diminta untuk menghias berbagai sisi kota dengan beragam mural dan gambar lainnya.

6.    Art and Illustration

Seni dan ilustrasi untuk desain grafis sangat bisa digunakan untuk berbagai hal. Namun, kedua hal ini sangat berbeda. Desain grafis adalah menggabungkan berbagai elemen desain. sementara seni dan ilustrasi merupakan hal yang dibuat dari nol. Seni ini mengambil berbagai bentuk untuk menceritakan sesuatu. Beberapa contoh desain seni dan ilustrasi di antaranya adlah desain kaos, stok gambar, desain novel grafis, dan video game.

7.    Visual Identity

Identitas visual adalah sistem komunikasi visual untuk membentuk suatu identitas. Biasanya hal ini dibutuhkan oleh perusahaan, produk, bisnis, dan lainnya.

Identitas visual adalah hal yang membedakan antasa suatu hal dengan yang lainnya. Ini juga yang menjadi sebuah keunikan atau ciri khas dari produk, bisnis, dan beragam hal lainnya. Sehingga akan ada banyak orang yang mudah mengenalinya hanya dari melihat desain saja.

8.    User Interface

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula hal yang berkembang. Termasuk juga perangkat aplikasi. Dan ini membutuhkan desain yang menarik sehingga orang mau menggunakannya. Desainer user interface adalah hal yang mencakup interaksi antara pengguna, layar, keyboard, dan juga mouse.

Fokus desain grafis user interface adalah pada pengalaman visual pengguna dan juga elemen yang ada di dalam layar. Seperti tombol, menu, link, dan lainnya. Ini adalah tugas dari desainer untuk menggabungkan desain yang menarik dan juga fungsi yang baik.

Nah, jadi sudah tahu ya bahwa setidaknya ada 8 Ide Bisnis yang bisa kita kembangkan dalam menjawab tantangan Era Revolusi Industri 4.0 supaya kita bisa lebih maju, lebih berkembang dan bisa bersaing.

Advertisements
No Response

Leave a reply "8 Ide Bisnis Desain Grafis Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0"