by

Cara Merawat Kuda Pacu Agar Terus Enerjik

Debroo.net – Berikut ini adalah cara merawat kuda pacu yang bisa kita pelajari. Karena kuda pacu kini kian diminati. Selain itu kuda pacu ini kerap menjadi kuda tunggang untuk olahraga.

Jenis dan fisik kuda pacu ini memang harus benar-benar diperhatikan, dari konstruksi kuda, tinggi kuda, sampai kondisi badan maupun postur dan garis keturunannya.

Selain itu tentunya adalah kesehatan kuda itu sendiri. Hal ini penting. Karena seperti kita ketahui, harga kuda baik kuda tunggangan seperti kuda pacu terus melambung tinggi. Kalau tak percaya cek harga kuda berikut ini.

Namun mahal dan tidaknya harga seekor kuda, juga bisa dipengaruhi oleh sertifikat yang dimiliki si kuda. Karena semua kuda yang tujuannya untuk olahraga adalah kuda yang sudah memiliki sertifikat yang diterbitkan oleh Biro Regristrasi Kuda.

Namun di sisi lain, untuk bisa mendapatkan sertifikat, maupun kuda pacu yang sehat, tentunya cara yang dilakukan adalah perawatan. Dan berikut ini cara merawat kuda pacu.

Cara Merawat Kuda Pacu

Jenis jenis kuda pacu, di antaranya adalah, jenis Sandel, G/Pony, KPI ataupun Thoroughbred. Pada Equestrian kuda tersebut digolongkan berdasarkan RAS kuda dan tinggi kuda.

Dalam cara merawat kuda pacu ini biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Artiannya, sangat tinggi, tergantu variasi kuda, jenis kelamin, dan pedigree.

Selain itu juga ditunjang dengan tinggi kuda, RAS kuda, prestasi kuda, prestasi induk, prestasi bapak kuda, warna, dan ciri fisik kuda.

Karena dalam cara merawat kuda pacu ini sangat membutuhkan biaya, misalnya saja, pencegahan penyakit, agar kuda tidak gampang terinfeksi penyakit. Jadi diperlukan perawatan rutin.

Selain itu, kuda harus mandi dua kali sehari. Untuk makanan kuda juga diramu dengan makanan lokal namun ada campuran makanan yang memiliki nutirisi tambahan. Untuk makanan kuda ini diberikan 2 kali dalam sehari.

Selain itu, penting diperhatikan kebutuhan energi kuda. Sumber energy kuda berasal dari carbohidrat pada tanaman forages (cellulosa) rumput-rumputan, biji-bijian (grain), protein dan lemak.

Rumput hijau memiliki kandungan energi dan nutrisi lebih tinggi dibanding yang sudah tua dan kering. Tiap hari untuk satu ekor kuda menghabiskan 6 kg pakan, sedangkan untuk rumput hijau merupakan makanan ringan saja bagi kuda, Ransum kuda sehari-hari terdiri atas rumput hijau (forages), biji-bijian, serta mineral yang dibutuhkan.

Biji-bijian (grain) bisa dari jagung giling, bekatul, bren, oats, padi dll. Baik dalam bentuk pecah giling ataupun berupa pellete.

Baca Juga Artikel Lainnya: Inovasi Teknologi Peternakan Terbarukan

Selain itu, kebutuhan air bersih juga tidak boleh terlupakan. Air untuk kuda harus tidak terkontaminasi. Jadi harus diberikan asupan agar bebas sesuai kebutuhannya.

Kuda membutuhkan air untuk proses metabolisme, sebagai pengganti keringat yang keluar saat bekerja atau berlari. Namun pemberian air ini diatur setelah melalui proses pendinginan badan, kira-kira 1 jam setelah kerja atau lari selesai.

Jadi, cara merawat kuda pacu dalam hal ini adalah dengan memberikan rumput setelah kuda selesai berlari sampai suhu badan betul-betul dingin normal kembali baru diperbolehkan minum air. Pemberian air setelah kerja keras dilakukan dapat menyebabkan gangguan seperti munculnya cholic.

Nah itulah informasi tentang kuda pacu dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *