by

Buang Sampah Sembarangan, Atasi Dengan Pidato Singkat Begini Caranya

-Debroo-1,130 views

Debroo.net. Buang Sampah Sembarangan, Atasi Dengan Pidato Singkat Begini Caranya. Sampah yang berserakan menjadi masalah untuk lingkungan. Keberadannya dapat mengundang banyak penyakit dari bakteri yang ada didalam sampah tersebut.

Banyak masyarakat Indonesia yang masih membuang sampah sembarangan. Sungai, tempat sepi, kuburan dan pinggiran jalan menjadi tempat favorit meletakan sampah tak bertuan.

Budaya buang sampah sembarangan ini memang sudah ada sejak lama dan susah untuk diatasi. Oleh sebab itulah kini negara kita punya masalah besar dalam hal kebersihan lingkungan.

Sampah dimana-mana dan masyarakat tetap membuang sembarangan. Perlu kesadaran yang dimulai sejak dini agar budaya buang sampah semabrangan segera hilang.

Pendidikan kebersihan harusnya dicanangkan mulai dari pendidikan dasar. Pola pikir hidup bersih harusnya segera dimunculkan untuk menjaga masa depan dari sampah.

Pemerintah juga harus membuat program yang mampu mengatasi hal ini. Fasilitas untuk masyarakat agar bisa meletakan sampah di tempat semestinya mesti difasilitasi.

Banyak masyarakat yang engan membayar iuran sampah karena mahal. Al hasil mereka memilih untuk membuang di kali atau di pinggir jalan.

Ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya juga bisa dilakukan dengan kampanye. Kampanye kepada masyarakat untuk bisa berprilaku benar dengan membuang sampah di tempatnya sebenranya bisa dilakukan semua orang dengan berpidato tentang larangan buang sampah sembarangan.

Pidato tentang membuang sampah sembarangan bisa menjadi ajakan. Dengan isi pidato yang singkat, padat dan jelas harapannya warga bisa mendengar dan mengerti isi yang disampaikan dan mempraktikannya. Kemudian efeknya adalah untuk lingkungan yang lebih bersih.

Naskah pidato tentang membuang sampah sembarangan tersebut bisa dengan mudah di dapatkan di internet. Salah satunya di blog Pidato Singkat yang didalamnya memuat berbagai macam pidato dengan banyak macam tema.

Kenapa kita harus peduli dengan sampah ???

Lingkungan yang bersih akan membuat nyaman. Lingkungan yang kotor membuat tak nayamn dan mengundang hal-hal negatif seperti bakteri dan bau. Sampah bisa mencemari tanah, air dan juga udara.

Ketiganya adalah elemen yang selalu berinteraksi dengan manusia. Jika sudah terkena kontaminan dari sampah maka akan sangat berbahaya.

Dampak negatif sampah ?

Dampak dari adanya sampah yang berserakan dari hasil pembuangan sampah yang tak pada tempatnya menimbulkan pencemaran lingkungan meliputi pencemaran tanah, air dan udara.

Di Jakarta dan wilayah Pulau Jawa kita sering melihat bahwa banyak kejadian banjir akibat sampah yang menumpuk di sungai. Sampah juga secara pasti menimbulkan pendangkalan pada sungai.

Kemudian, sampah tersebut menjadi tempat bersarang dan berkembang biaknya dari bermacam-macam vector penularan penyakit seperti lalat, kecoa, nyamuk dan tikus.

Di dalam tumpukan sampah basah kadang-kadang mengandung telur-telur cacing (Trichinellaspiralis, Ascaris Lumbrocoides, Oxyurisvermecularis, dan lain-lain).

Inilah yang menyebabkan sampah sebagai sumber penyakit. Bakterinya bisa menyebar dengan cepat tat kala lokasi tersebut lembab. Penyebaran bakteri tidak hanya via benda namun juga udara. Jadi akan sangat berbahaya ketika sampah sudah menumpuk di sembarang tempat.

Jadi, semua orang haruslah peduli dengan masalah sampah. Karena jika sudah akut maka akan menjadi masalah besar bagi banyak orang. Sampah bukan masalah sepele, sampah adalah msalah besar untuk penduduk bumi. Anda dan kita perlu peduli dengan sampah.

Demikianlah informasi terkait cara menanggulangi sampah dengan menggunakan pidato persuasif tentang jangan membuang sampah sembarangan. Semoga bisa memberikan referensi bagi anda. Salam lestari.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *