by

3 Pidato Singkat Yang Mendunia, 2 Dari Indonesia

-News-63 views

Debroo.net. 3 Pidato Singkat Yang Mendunia, 2 Dari Indonesia. Membuat sebuah gebrakan di dunia memang tak semudah membalikan telapak tangan. Kita tahu bahwa dunia ini luas dan ada banyak penghuninya. 

Mengubahnya adalah sebuah perjuangan yang akan sangat keras untuk dilakukan. Tapi, ada hal kecil yang mampu mempengaruhi dan menjadi pengubah dalam sekejab. Hal kecil itu adalah sebuah pidato.

Beberapa tokoh ini membuktikan bahwa Pidato Singkat mampu mempengaruhi orang banyak. Dan secara berkala, isi dan makna pidato tersebut menyebar ke penjuru hingga banyak telinga yang mendengar dan hati yang terketuk.

  1. Ir. Soekarno (Bung Karno)

Bapak proklamator sekaligus presiden Republik Indonesia yang pertama ini memang sangatdikenal sebagai sosok yang kharismatik. Ia dipandang ak hanya di tanah air saja, di dunia Internasioal ia bahkan sudah menjado sosok yang menarik perhatian.

Salah satu pidatonya yang sangat terkenal adalah ketika ia menyinggung soal kemerdekaan di daratan Asia dan Afrika. Kala itu Indonesia sudah merdeka, namun beberapa negara di Benua Kuning dan Cokelat masih banyak yang dijajah.

Pada tanggal 17 mei 1956 presiden soekarno mendapat kehormatan untuk menyampaikan pidato didepan kongres Amerika Serikat dalam rangka kunjungan resminya ke Negara tersebut. Didalam pidatonya, Ir. Soekarno berkata:

“Perjuangan dan pengorbanan yang telah kami lakukan demi pembebesan rakyat kami dari belenggu kolonialisme telah berlangsung dari generasi ke generasi selama berabad-abad tetapi perjuangan itu belum selesai…”

Maksud dari perjuangan itu belum selesai yakni karena masih ada jutaan manusia di Asia maupun di Afrika masih berada di dominasi kolonial, masih belum bisa menikmati kemerdekaan. Meskipun pidato tersebut dengan keras ditentang oleh kolonialisme dan imperealisme serta cukup kritis dari negara-negara barat, Ir. Soekarno tetap mendapat sambutan luar biasa dari Amerika Serikat.

Selain pidato ini, ada salah satu pidato yang fenomenal dari Bung Karno yang dikenal sebagai Pidato Bung Karno Beri Aku 10 Pemuda yang isinya sangat memotivasi para pemuda.

  1. John F Kennedy

Presiden Amerika Serikat termuda dalam sejarah ini memberikan pidato yang sangat fenomenal hingga di ingat oleh warga dunia. Tak hanya masyarakat Amerika Serikat saja yang mengingat pidato ini, diketahui bahwa dunia intenasional saat itu cukup menyoroti pidato ini. Didalam pidatonya, John F. Kennedy berkata:

“Jangan tanya apa yang dapat diperbuat oleh Negara kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang kau buat bagi Negara”

Pidato ini juga sebenranya menuai kontroversi karena ditakutkan adalah efek pidato tersebut adalah hilangnya peran serta eksistensi individu dalam Negara dalam paham totalian integralistik. Kemudian, diketahi bahwa  pernyataan Kennedy ini mengutip pernyataan Sifero.

Meskipun begitu, pidato ini mejadi sangat fenomenal dan memperoleh banyak apresiasi dari warga Amerika Serikat dan dikenal oleh banyak warga dunia kala itu.

  1. Bung Tomo

Bung Tomo atau Soetomo merupakan seorang pahlawan yang dikenal karna peranannya yang membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajahan belanda melalui tentaranya. Bung Tomo dikenal sebagai pribadi ulet, pekerja keras dan mempunyai daya juang sangat tinggi. Tak hanya saat muda, disaat usianya sangat muda, ia bergabung dengan sejumlah kelompok politik dan sosial.

Ditahun 1944 Bung Tomo berjuang mati-matian mempertahankan Surabaya dari cengkraman sekutu dan mika melalui. Namun ada satu hal yang tidak akan dilupakan oleh rakyat indoneia, yaitu isi pidatonya yang menggerakkan dan membangkitkan Arek Suroboyo kala itu. Pidato bung Tomo adalah:

“Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Dan untuk kita saudara-saudara, lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Semboyan kita tetap merdeka atau mati.”

Serontak pidato itu membakar semangatrakyat surabaya. Kemudian rakyat bertempur habis habisan melawan pasukan sekutu sampai titik darah penghabisan. Mempertahankan harga diri, tanah air dan bangsa. Pidato itu kemudian dikenal sebagai Pidato Bung Tomo 10 November.

Ketiga pidato itu menyita perhatian masyarakat dan mampu menggetarkan dunia. Beberapa pidato lain dari ketiga tokoh tersebut sebenranya masih banyak lagi yang sangat fenomenal. Mereka memang dikenal senagai pembicara yang ulung.

Demikianlah informasi terkait 3 pidato singkat yang mendunia. Semoga anda bisa terinpirasi dari isi pidato tersebut.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *