by

Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi. Daerah Istimewa Yogyakarta. Siapa yang tak mengenal daerah ini. Daerah rujukan para wisatawan. Provinsi, Kota dan Kabupaten yang dikenal ramah bagi para wisatawan.

Maka, Yogyakarta yang dikenal dengan Jogja ini menjadi salah satu tempat yang selalu menjadi rujukan untuk berwisata. Menikmati hari libur, maupun study banding, hingga study tour.

Maka tak heran, dari wisatawan lokal hingga mancanegara tumpah menjadi satu di Daerah Istimewa yang ada di Indonesia ini.

Nah berbicara tentang Jogja, sudah disinggung juga, sebagai daerah yang dikenal dengan tempat-tempat wisatanya. Selain menjadi tempat yang ramah bagi para wisatwan, di Jogja memang ada banyak tempat wisata yang apik, indah, dan seru, serta menarik dan romantis untuk dikunjungi.

Maka, ketika ke Jogja tidak menikmati beberapa titik tempat wisata, wah serasa liburannya kurang seru. Apalagi tanpa menikmati ragam kulinernya.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi:

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini beberapa tempat wisata yang menurut penulis menjadi salah satu tempat wisata yang kerap penulis kunjungi saat berada di Jogja.

Selain ke beberapa tempat ini memang ada banyak tempat makan enak dan murah di Jogja yang bisa penulis kunjungi tidak jauh dari beberapa lokasi wisata berikut ini.

1. Candi Prambanan

Pertama Candi Prambanan, siapa yang tak kenal dengan tempat yang satu ini. Sebuah candi kuno Hindu dipenuhi ornamen.

Selain itu, kompleks candi Hindu yang luas dan dibangun pada abad ke-9 dengan struktur batu atas meruncing & patung.

Candi Prambanan juga merupakan kuil Hindu di Indonesia. Candi Prambanan atau Candi Gilangkp adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.

Alamat Candi Prambanan berada di Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi tempat ini mulai dibangun pada 850 M dengan tinggi 154 ft. Gaya arsitektur: Arsitektur candi Hindu.

2. Jalan Malioboro, Jalan Hits di Yogyakarta

Kedua siapa yang tak tahu daerah yang satu ini, wilayah Malioboro. Pusat kuliner Jogja dan belanja. Di tempat ini hasrat menikmati malam sembari mencari oleh-oleh dan melepas lelah dengan hidangan-hidangan khas Jogja.

Jalan Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Panjang jalan ini seluas 2 km.

3. Taman Sari Yogyakarta

Ketiga adalah Taman Sari Yogyakarta, salah satu bangunan bersejarah di Yogyakarta, Indonesia. Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor.

Alamat Taman Sari Yogyakarta ini berada di Wisata Taman Sari, Taman, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Jam buka Taman Sari Yogyakarta, buka setiap hari dari jam 09 pagi sampai jam 06 sore.

4. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keempat, wisatawan bisa singgah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tempat ini adalah Istana di Yogyakarta, Indonesia.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mulai dibangun Tahun 1755. Lengkapnya 1756. Pemiliknya adalah Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Penyewa saat ini Hamengkubawana X. Telepon: (0622) 74373721.

5. Situs Ratu Baka

Kelima, Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi adalah Situs purbakala di Indonesia, namanya Situs Ratu Baka.

Situs Ratu Baka atau Candi Boko adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur.

Alamat: Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka setiap hari dari jam 06 pagi sampai jam 05 sore. Klien: Wangsa Sailendra, Kerajaan Medang

Situs Ratu Baka merupakan kompleks istana baru kuno. Salah satu situs arkeologis yang memadukan arsitektur khas Budha & Hindu, candi batu & gua.

6. Museum Ullen Sentalu

Keenam, salah satu Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi yang berbentuk Museum di Jawa Tengah. Museum Ullen Sentalu, terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Tempat ini adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

Alamat Museum Ullen Sentalu ada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582 dan didirikan 1994.

7. Pantai Parangtritis

Salah satu Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi nih, wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang Sawal atau disingkat dengan Pantai Pulsa adalah salah satu pantai yang menarik dan eksotis berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jenis objek wisata pantai ini berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

9. Gua Pindul

Salah satu tujuan wisata di Indonesia yang juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi. Inilah Gua Pindul.

Salah satu objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Alamat Guya Pindul ada di Wirawisata ,Gelaran2, RT.03/RW.16, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Jam buka setiap hari dari jam 07 pagi sampai jam 16.30.

10. Museum Benteng Vredeburg

Museum di Yogyakarta, Indonesia ini bernama Museum Benteng Vredeburg. Museum di Jogja ini adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta.

Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Jam buka setiap hari dari jam 07.30–16.00. Tapi hari Senin sepertinya tutup. Telepon: (0274) 586934.

11. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo juga menjadi salah satu Pasar di Yogyakarta yang merupakan pasar tertua dengan nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta.

Beringharjo memiliki makna harafiah hutan pohon beringin yang diharapkan memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta.

Alamat Pasar Beringharjo berada di Jalan Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Jam buka setiap hari dari jam 08.30–21.00.

12. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar merupakan Pusat pendidikan di Yogyakarta, Indonesia. Salah satu wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg

Alamat Taman Pintar Yogyakarta berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Dibuka: 16 Desember 2008. Telepon: (0274) 583631.

13. Candi Kalasan

Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi adalah Candi Kalasan, salah satu Vihara di Indonesia. Candi Kalasan atau Candi Kalibening merupakan sebuah Bangunan Cagar Budaya yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha. Candi ini terletak di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta, Indonesia.

Alamat: Jl. Raya Yogya – Solo, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Klien: Wangsa Sailendra.

Cara Menuju Yogyakarta

Ada banyak cara menuju Yogyakarta salah satunya adalah naik bus damri. Damri Jogja bisa diakses dari beberapa wilayah, seperti Lampung, Bandung, Malang, Magelang, Wonosobo, Semarang, dan wilayah lainnya yang terkoneksi bus damri.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *