by

Gempa Lombok Hari Ini 7 SR, Picu Longsor di Rinjani

-Debroo-81 views

Debroo.net. Gempa Lombok Hari Ini 7 SR, Picu Longsor di Rinjani. Gempa masih melanda wilayah Lombok, NTB. Gempa kali ini cukup besar, yakni mencapai 7 SR. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 21.56 WIB.

“Lokasi gempa berada di 8.28 Lintang Selatan dan 116.71 Bujur Timur. Atau 30 Km timur laut Lombok Timur,” tulis BMKG yang dikutip Liputan6.com, Jakarta, Minggu (19/8/2018).

“Kedalaman gempa mencapai 10 km,” demikian BMKG.

Gempa Lombok 7 SR membuat masyarakat kembali panik. Mereka langsung berlarian keluar mencari tempat yang lebih aman. Aliran listrik padam. Sehari ini sudah ada empat gempa dirasakan. Saat ini suasana di Mataram gelap. Cahaya Bulan yang sebelumnya menerangi wilayah itu kini tertutup awan.

Sebelumnya, gempa susulan dengan kekuatan 6,5 SR mengguncang Lombok pada Minggu pagi pukul 11.06 WIB. Gempa Minggu pagi menyebabkan korban jiwa dan kerusakan.

“Berdasarkan data sementara yang dapat dihimpun sampai pukul 21.00 WITA, satu orang meninggal dunia akibat kaget saat guncangan keras kemudian meninggal dunia,” demikian diungkap Sutopo Purwo Nugrogo, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB terkait gempa Lombok, Minggu pagi.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pasca-gempa magnitudo 7 SR yang mengguncang Lombok pada pukul 21.56 WIB, wilayah tersebut kembali digoyang gempa.

Pada pukul 22.16, gempa dengan magnitudo 5,6 SR terjadi. Episentrum berada di 18 km barat laut Lombok Timur pada kedalaman 10 km.

Sementara, pada pukul 22.28, lindu dengan magnitudo 5,8 SR terjadi. Pusat gempa berada di 23 km barat laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 km.

Gempa Lombok yang berlokasi tepat di 8.28 Lintang Selatan dan 116.71 Bujur Timur itu turut dirasakan warga di sejumlah wilayah di Bali. Di antaranya, Denpasar, Gianyar, dan Singaraja.

Getaran gempa yang terasa beberapa detik itu membuat warga yang saat itu sedang tidur, berhamburan keluar rumah. Beberapa di antara mereka sembari menggendong balita, menuju lahan lapang atau berada di pinggir jalan menjauhi bangunan.

Sejauh ini, belum diketahui adanya laporan korban dan kerusakan bangunan akibat gempa Lombok berkekuatan 7 SR di Bali, meski dikabarkan ada beberapa titik kerusakan pada gempa kedua di Kintamani. BMKG menyebutkan ketiga gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa Picu Longsor di Rinjani, Guncangan Terasa di Lombok dan Bali

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menginformasikan bahwa gempa 6,5 SR pada hari ini tidak berpotensi tsunami. Namun, gempa ini memicu longsor di lereng Gunung Rinjani.

Longsor terjadi di area Bukit Pegangsingan dan Bukit Bukit Anak Dara. Kedua lokasi longsor itu berada pada wilayah Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

“Material batu-batu dari bagian atas gunung longsor menuruni lereng sehingga menimbulkan debu di lereng Gunung Rinjani,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya,

Taman Nasional Gunung Rinjani ditutup sehingga tidak ada aktivitas masyarakat maupun wisatawan di sana, pada hari ini. Namun, Petugas SAR akan menyisir area longsor untuk memastikan korban jiwa memang benar-benar tidak ada.

Menurut Sutopo, gempa yang sempat membuat para pengungsi di Lombok panik itu tercatat dirasakan paling kerasa goncangannya di Lombok Timur. Gempa ini menimbulkan guncangan berdurasi 4-8 detik yang bisa dirasakan di Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Laporan sementara menyebut, dampak kerusakan bangunan ada di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Guncangan berintensitas ringan hingga sedang juga terasa di Mataram, Denpasar, Bangli, Jembrana, Badung, Karangasem, Gianyar, Tabanan, Klungkung dan Buleleng.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *