by

3 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Selain Lavender

-News-145 views

3 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh, Selain Lavender. Sebal sama nyamuk? Kalian bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk ini selain lavender lho, broo.

Kita hidup di negara tropis yang menyenangkan. Sinar matahari bersinar hampir sepanjang tahun dan cuaca yang umumnya bersahabat. Namun, ada hal yang menyebalkan. Apalagi kalau bukan gangguan serangga penghisap darah alias nyamuk.

Tak cuma bikin gatal, gigitan nyamuk juga bisa turut menyebarkan penyakit demam berdarah, cikungunya, dan beberapa penyakit lain. Untuk mengusir nyamuk, kita bisa menggunakan 3 tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, berikut ini.

#3. Geranium

Geranium Tanaman Pengusir Nyamuk
Geranium Tanaman Pengusir Nyamuk

Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol yang ampuh mengusir nyamuk. Kedua zat tersebut mudah menguap sehingga bisa memenuhi udara di sekitarnya. Untuk mengusir nyamuk, kita bisa menanam geranium di dalam pot atau di taman rumah. Sebaiknya, tanaman ini ditempatkan di lokasi yang mudah terkena tiupan angin. Saat daun-daun geranium bergesakan, geraniol dan sitronelol pada tanaman tersebut akan menguap dan membuat nyamuk kabur.

#2. Serai Wangi

Serai Wangi Tanaman Pengusir Nyamuk
Serai Wangi Tanaman Pengusir Nyamuk

Serai umumnya digunakan sebagai salah satu bumbu dapur. Selain itu, ternyata serai juga mengandung zat geraniol dan sitronelal layaknya geranium yang tidak disukai nyamuk. Kita bisa memanfaatkan serai dengan memotong-motong atau menggeprek bagian batang serai dan menaruhnya di ruangan untuk mengusir nyamuk.

#1. Zodia

Zodia Tanaman Pengusir Nyamuk
Zodia Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman asli Papua ini umum digunakan sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Orang-orang di Papua terbiasa menggosok-gosokkan daun ini sebelum masuk hutan agar terlindung dari gigitan berbagai serangga, terutama nyamuk. Keampuhan anti nyamuk ini berkat kandungan evodiamine dan rutaecarpine di dalam tumbuhan tersebut.

Nah, kalian nggak harus selalu memakai lavender sebagai pengusir nyamuk alami, tapi bisa coba 3 tanaman di atas, ya.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *