by

DPR Kritik Suntikan Dana Pemerintah ke Bank Mandiri Gak Masuk Akal

-Debroo-40 views

DPR-Kritik-Suntikan-Dana-Pemerintah-ke-Bank-Mandiri-Gak-Masuk-Akal
Debroo.com – DPR Kritik Suntikan Dana Pemerintah ke Bank Mandiri Gak Masuk Akal. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengkritik Penyertaan Modal Negara (PMN) dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk Bank Mandiri sebesar Rp5,6 triliun. Sebagai satu-satunya BUMN perbankan penerima suntikan modal, Bank Mandiri dinilai tidak layak.
Kritik itu dilontarkan anggota Komisi XI DPR Muhammad Misbakhun saat rapat kerja dengan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Menteri BUMN Rini Soemarno di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/1).
Dia melihat, alasan pemerintah menyuntikkan dana ke Bank Mandiri agar bank tersebut menjadi peringkat tujuh besar di ASEAN, sama sekali tidak masuk akal. “Saya tidak lihat urgensinya. Urgensinya apa?,” kata Misbakhun, Rabu (28/1).
10-bank-terbesar-asean
Misbakhun juga menilai paparan Menteri Rini terkait pengajuan PMN kepada 35 BUMN belum detail. Salah satunya karena dalam pembahasan tidak dicantumkan jumlah aset BUMN dan posisi utang perusahaan yang bakal diberi suntikan modal.
Dari situ dia mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan perusahaan BUMN yang memiliki rapor merah dalam pengelolaan keuangan negara.
“Saya melihat dari paparan tidak memuaskan. Terlalu umum dan tidak mendeskripsikan kinerja serta performance BUMN,” terangnya.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *