by

Resep Alami Ini Ampuh Sembuhkan Asam Urat Akut

-Debroo-46 views

asemurat2
Debroo.com – Mungkin kita pernah tiba-tiba merasakan rasa sakit yang sangat mengganggu pada bagian sendi, terutama sendi jempol kaki disertai dengan bengkak kemerahan? Jika pernah mungkin Anda menderita penyakit asam urat atau nama lainnya adalah penyakit pirai atau gout. Penyakit ini merupakan sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi. Penyakit asam urat hanyalah salah satu dari dua ratus lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda.
Penyebab Asam Urat
Penyebab penyakit asam urat adalah tingginya kadar asam urat. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Setiap harinya, asam ini dibuang dari tubuh kita melalui ginjal. Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah produksinya, maka sisanya akan menumpuk di dalam dan sekitar sendi dalam bentuk kristal-kristal tajam natrium urat. Pembentukan dan penumpukan kristal-kristal tersebut bisa berlangsung selama bertahun-tahun tanpa kita sadari.
Beberapa kristal yang bertumpuk akan keluar dari tulang rawan dan membuat lapisan lembut pada sendi yang disebut  sinovium mengalami radang yang terasa menyakitkan. Ketika ini terjadi, itu berarti penderita sedang mengalami serangan asam urat.
Pada akhirnya, kristal yang tertumpuk akan membentuk gumpalan keras yang disebut tofi. Tofi ini bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi dan tulang di sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, bisa mengarah pada kerusakan sendi permanen dan jika sudah seperti ini, sendi akan terasa kaku dan sakit ketika digerakkan.
Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat, diantaranya adalah:
1.Kelebihan berat badan atau ovesitas.
2.Umur dan jenis kelamin. Penyakit asam urat cenderung dialami mereka yang berusia lebih tua dan kaum pria.
3.Sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti otak, hati, ginjal, kaldu, jantung, ikan makarel, ikan sarden, dan kerang-kerangan.
4.Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras atau bir.
5.Memiliki hipertensi atau diabetes.
6.Memiliki masalah pada ginjal yang dapat mengganggu pembuangan asam urat.
7.Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini.
Nah setelah kita mengetahui penyebabnya, berikut ini ramuan alami untuk menyembuhkan sakit asam urat.
Bahan alami yang pelu dipersiapkan:
-1/2 buah pepaya muda
-Bubuk teh (merk bebas)
-1 buah kelapa muda
Cara membuatnya yakni :
1/2 buah pepaya muda buang semua bijinya, namun jangan sampai buang kulitnya. Potong-potong lalu masukan ke wadah, tuangkan 4 mangkuk air (sekitaran 800 ml), masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api kompor, masak lagi sepanjang 3 menit. Lalu matikan api kompor.
Bubuhi 1 sendok makan daun teh (teh bubuk juga dapat, teh apa saja). Biarkanlah kurang lebih 30 menit, lalu saring airnya, campur dengan 1 buah air kelapa muda segar. Minum airnya, butuhkan dalam sehari. Teh pepaya muda air kelapa ini jangan sampai dimasukkan ke almari pendingin, harus di habiskan dalam satu hari. Yang Perlu diingat dalam proses merebus jangan menggunakan tempat yang terbuat dari alumunium.
Semoga bermanfaat dan lekas sembuh

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *