by

Stop!!! Jangan Sering Mendengarkan Musik Menggunakan Headset

-Debroo-60 views

Debroo.com – Sudah pasti kita sering mendengarkan musik memakai headset melalui handphone. Baik disaat sedang santai, traveling, kerja ataupun belajar. Karena mendengarkan musik dengan menggunakan headset saat ini bisa dikatakan tren baru serta tidak mengganggu orang lain.
headset
Mungkin kita tidak mengetahui ternyata terlalu sering mendengarkan lagu menggunakan headset apalagi jika terlalu keras dapat berdampak buruk bagi pendengaran kita. Saat ini mungkin dampaknya belum terasa, namun kelak lama-kelamaan akan terlihat efek buruknya. Mendengarkan musik dengan volume tinggi ketika muda sering kali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang.
Berikut ini dampak buruk jika kita terlalu sering mendengarkan musik dengan headset :
1.Gangguan dan komplikasi pendengaran
Bila Anda menggunakan headphone atau earphone, maka audio secara langsung masuk ke dalam telinga Anda. Volume suara yang getarannya melebihi 90 desibel dapat menyebabkan komplikasi pendegaran dan bahkan tuli permanen. Semua orang yang memakai earphone berisiko mengalami gangguan pendengaran hingga komplikasi pendengaran lebih tinggi. Hal ini merupakan dampak apabila Anda terlalu sering menggunakannya.
2.Telinga seperti mati rasa
Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang menggunakan waktunya lebih banyak untuk mendengarkan musik keras melalui headphone merasakan telinganya mati rasa. Kemampuan pendengaran mereka mati rasa sementara, dan kemudian normal kembali. Mati rasa pada pendengaran bisa membahayakan dan menyebabkan ketulian.
3.Nyeri Telinga bagian dalam
Orang yang menggunakan earphone atau headphone umumnya mengeluh merasakan rasa nyeri didalam telinga. hal ini disebabkan karena Anda terlalu sering menggunakan headset.
4.Efek buruk pada Otak
Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone dan headphone dapat menyebabkan bahaya serius bagi otak. Namun bukti medis yang kuat masih belum ditemukan. Radiasi pada elektronik seperti handphone sangat berbahaya terutama pada otak Anda.
5.Berkurangnya pendengaran diusia muda
Akan mengurangi pendengaran Anda diusia muda. Apabila Anda mengalami  kurangnya pendengaran diusia tua itu hal yang biasa dan wajar, tapi jika masih muda?? dan hal itu disebabkan karena sering menggunakan headset untuk memutar musik keras bisa mengurangi kepekaan telinga. Hati-hati mendengarkan musik dengan headset terlalu keras.
 
Berikut ini tips aman menggunakan headset.

  1. Hindari menggunakan headset yang dimasukkan secara langsung ke saluran telinga kecil.
  2. Hindari bergantian hesdset dengan orang lain.
  3. Pastikan Anda mengganti penutup spon atau karet headset Anda sebulan sekali untuk menjaga             kebersihan
  4. Jangan mendengarkan musik keras menggunakan headphone.
  5. Jangan terlalu sering mendengarkan musik dengan menggunakan headset

Semoga artikel diatas bermanfaat
 

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *