by

Komik Yesus Memanggul Salib Karya Kurnia Harta Winata Jadi Viral di Medsos

-Debroo-89 views

Debroo.com. Komik Yesus Memanggul Salib Karya Kurnia Harta Winata Jadi Viral di Medsos. Kurnia Harta Winata, bagi penggemar komik, namanya sudah tidak lagi asing dalam dunia perkomikan.

Kurnia Harta Winata
Kurnia Harta Winata

Siapakah Kurnia Harta Winata? tak lain adalah si pembuat Karakter Koel yang banyak mendapat pujian dari orang sebagai karya kreatif dan kritis. Menyambut paskah, komikus asal Yogya ini membuat karya spesial “Memanggul Salib” merupakan cerita Yesus dan Paskah yang membuat banyak orang nyengir setelah membacanya.
Komik berjudul “Memanggul Salib” yang dibuatnya itu pun menjadi viral di media sosial facebook. Banyak orang membagi dan menyukai karya pertama Kurnia tentang Yesus itu.
Setelah komik tentang Yesus dan Paskahnya menjadi viral di media sosial, Kurnia Harta Winata bercerita tentang latar belakang pembuatan komik tersebut. Dia mengaku membuat komik tersebut lantaran ingin memberikan sesuatu pada hari Paskah.
“Saya ingat, sebentar lagi paskah, ya sudah akhirnya saya buat komik spesial Paskah,” katanya pada kabarbaik.net beberapa waktu lalu.
Setelah itu dia pun mengumpulkan ide cerita, dia pun menemukan gagasan untuk memaknai Paskah dalam persepsinya. Kurnia bergumul dengan bagaimana cara manusia bisa menghayati pengobanan Yesus secara kontekstual. Sebab menurutnya bukan lagi saatnya hanya berpikir bagaimana kehidupan setelah mati.
“Pandangan saya ini tidak mewakili gereja. Ini hanya penghayatan saya. Orang sibuk dengan bagaimana kehidupan setelah mati, pengen masuk surga. Tapi banyak orang yang lupa harus melakukan sesuatu dalam hidup,” ujarnya.
Dalam komiknya tersebut dia pun tidak ingin membuat jarak antara Yesus dengan tokoh dalam komiknya itu. Hal itu dilakukannya agar orang tidak lagi memaknai Tuhan sesuatu yang jauh, tapi sesuatu yang dekat, seperti seorang sahabat.
“Bagi saya sendiri, Yesus itu juga sahabat. Bukan harus menjadi Tuhan yang berjarak. Bukankah Yesus turun ke bumi supaya manusia bisa dekat dengan Allah, bukan justru semakin berjarak,” ungkapnya.
Komik berjudul “Memanggul Salin” itu pun mendapat respon positif di media sosial, ratusan orang membagikan komik tersebut dan memberikan komentar positif. Kurnia pun lega, mengetahui karyanya bisa memberikan makna bagi orang lain.
“Saya nggak nyangka bakal jadi viral. Ini pertama kalinya saya bikin komik soal Yesus. Semoga nggak kena semprot pastor,” guraunya.
Berikut ini komik karya Kurnia :
[URIS id=20862]

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *