by

Inilah Asal Usul Guling, Teman Tidur Favorit Masyarakat Indonesia

-Debroo-67 views

Debroo.com. Inilah Asal Usul Guling, Teman Tidur Favorit Masyarakat Indonesia. Guling adalah salah satu alat untuk tidur khas masyarakat Indonesia dan negara-negara Asia Timur lainnya.

Asal usul Guling
Asal usul Guling

Guling biasanya berisi kapas, bulu unggas, dan sebagainya. Selain itu ada pula guling yang terbuat dari anyaman bambu.

Asal mula guling di Indonesia karena guling merupakan kebudayaan Indisch abad ke-18 atau 19, dan merupakan kebiasaan masa kolonialisme. Ketika masa kolonialismen, guling hanya dimiliki golongan atas atau priyayi. Pemakaian guling menjadi semakin populer karena antara lain orang suka meniru gaya hidup priyayi.

Guling biasa disebut bolster serta sebuah sebutan yang unik yaitu Dutch wife atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti istri Belanda. Dalam novel Jejak Langkah, melalui salah satu tokohnya, Pramoedya Ananta Toer mencoba menjelaskan asal mula guling melalui sebuah kelakar.

Diceritakan bahwa guling hanya akan ditemukan di wilayah Hindia Belanda saja. Penyebabnya adalah karena kedatangan orang Belanda dari Eropa ke wilayah ini. Karena tidak membawa perempuan dan terkenal pelit, akhirnya banyak orang Belanda yang tidak mau memelihara gundik dan sebagai gantinya mereka membuat guling sebagai teman tidur. Secara mengejutkan nama Dutch wife sendiri disebut diciptakan oleh Raffles ketika melihat kebiasaan orang-orang tersebut.

Munculnya guling ini merupakan perpaduan antara kebudayaan Eropa, Indonesia, dan China yang memang sering terjadi pada kaum Indis pada masa itu. Kebiasaan itu pada awalnya merupakan hal yang dilakukan oleh kaum kelas atas namun akhirnya menyebar dan banyak dilakukan oleh masyarakat umum.

Bentuk guling yang memanjang sebenarnya berasal dari guling yang sudah ada pada beberapa budaya Asia timur. Di China benda ini disebut sebagai zhufuren, di Korea benda ini dinamai jukbuin, dan di Jepang dikenal istilah chikufujin. Semuanya mengacu pada guling dengan bentuk memanjang hanya saja terbuat dari bambu.

Masuknya budaya China ke wilayah Nusantara dan kemudian munculnya penjajahan telah membuat guling yang sebelumnya tidak begitu terkenal menjadi banyak digunakan oleh orang Belanda hingga akhirnya ditiru banyak orang. Saat ini guling adalah teman tidur paling populer bagi banyak orang di Indonesia.

Kini, Guling menjadi teman bantal yang selalu ada melengkapi kamar tidur. Hem.. begitu ya, apakah broo sekalian tahu Fungsi Tersembunyi dari Guling? Yuk kita simak, analisa dari salah seorang kaskuser dan juga tambahan 1 fungsi dari debroo.com.

Inilah 6 Fungsi Guling
1. Ganjelan Badan
Banyaknya posisi tidur, ada yang doyan tidur terlentang, tengkurep dan tidur miring. Salah satu fungsi dari guling adalah untuk membantu kamu yang doyan tidur miring untuk ngeganjel badan kamu, supaya kalau kamu mau tidur bisa enak, nggak kebablasan jadi tengkurep.

2. Teman Ngobrol sekaligus curhat
Untuk kamu yang belum menikah, jika kamu merasa kesepian mengarungi malammu yang panjang, kamu bisa peluk peluk guling kamu sambil pura ngobrol gitu sama guling biar gak sepi-sepi amat. Tapi jangan sampai ketahuan orang ya kalau kamu sering ngomong sama guling, karena sesungguhnya kamu bakal dikira sakit jiwa.

Enaknya ngobrol sama guling itu adalah dia tidak pernah mengeluh, dia menerima kamu apa adanya, serta dia juga pendengar yang baik. Selain itu dia gak mungkin nge-judge kamu, apapun cerita kamu. Pokoknya sangat disarankan deh curhat sama guling.

3. Suami/Istri Tambahan
Nah yang ini untuk kamu yang sudah menikah. Mungkin kamu punya fantasi beristri atau bersuami dua gitu. Dengan memiliki guling di tempat tidur kamu, kamu bisa berasa punya istri atau suami dua. Kalau pasangan kamu bawel saat kamu sudah ngantuk banget dan buru-buru pengen tidur, kamu cuekin aja dan berpaling bermesraan dengan guling kamu.

Guling nggak akan tega menyiksa kamu dengan cerita-ceritanya yang membosankan dan itu-itu aja. Guling memang pasangan hidup yang baik. Oh ya, kalau fantasi kamu ternyata punya pasangan lebih dari dua, bisa kamu tambahkan jumlah guling kamu sesuai dengan selera. Menarik bukan?

4. Pembuat Angin
Kalau guling kamu adalah jenis guling yang lembek lembek gitu, ternyata guling kamu menyimpan fungsi lain yang hanya segelintir orang di dunia ini yang tahu. Ketika kemarau panjang melanda dan kebetulan di kamar kamu nggak ada kipas angin atau AC, kamu bisa gunakan guling kamu sebagai pembuat angin. Caranya sangat simpel, kamu kibas kibaskan aja gulin kamu ke arah kamu, niscaya kamu akan terbebas dari kegerahan yang menyiksa.

5. Pemuas Hasrat Duniawi
Guling juga bisa digunakan untuk memuaskan hasrat duniawi, terutama bagi kamu yang jomblo. Hah gimana caranya?! Yah, guling kan pada umumnya posisinya dijepit di selangkangan kan. Kalo udah dijepit di selangkangan, selanjutnya ya….gitu deh. Jangan pura-pura gak tau deh.

6. Teman bermain pengganti boneka
Sebenarnya menurut debroo masih ada 1 lagi fungsi guling terutama untuk anak-anak yaitu sebagai teman bermain pengganti boneka, karena biasanya guling seukuran dengan si empunya, maka banyak anak-anak yang mengganggap guling sebagai teman bermain, yang bisa di sayang-sayang, dicium-cium, dan juga digendong-gendong seakan bayi atau boneka bagi anak perempuan, bahkan untuk anak laki-laki guling bisa dijadikan sasak untuk melatih kekuatan tangan alias untuk jadi tempat pukul, dan hebatnya guling gak bisa mengeluh dan membalas.

Jadi ternyata manfaat guling sangat beragam ya Broo. dan jangan lupa juga broo, sebaiknya rajin juga ya menjemur guling di panas matahari dan juga mengebaskan supaya hilang debu, kuman dan segala jenis binatang kecil yang tak terlihat yang bisa membahayakan diri mu.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *