by

Enceng Gondok Gulma Penyembuh Berbagai Penyakit

-Debroo-68 views

Debroo.com – Tanaman yang lebih dikenal sebagai gulma jika pertumbuhannya tidak terkendali, tetapi bisa juga menjadi tanaman penghias kolam yang memiliki bunga yang cukup indah.
eceng gondokEnceng gondok ini memiliki nama latin Eichhornia crassipes yang merupakan famili dari Pontederiaceae adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung.
Tanaman ini paling suka hidup di kolam-kolam dangkal, tanah basah dan rawa, aliran air yang lambat, danau, tempat penampungan air dan sungai.
Enceng gondok memiliki kandungan kimia Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan banyak lagi. Pada akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan bunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida.
Dengan seluruh kandungan kimia yang ada itu, enceng gondok dapat digunakan untuk pengobatan radang tenggorokan (tenggorokan terasa panas), kencing tidak lancar, biduran dan bisul.
Kandungan senyawa penting tadi terdapat diseluruh organ tanaman dari akar sampai daun dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.
Caranya untuk mengobati radang tenggorokan dan saluran buang air kecil adalah dengan merebus tanaman Enceng Gondok dengan air kemudian minum airnya.
Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit kulit caranya dengan hancurkan terlebih dulu Enceng Gondok, beri sedikit garam, letakan pada bagian kulit yang sakit seperti bisul.
semoga bermanfaat
 

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *