by

BPJS Harus Transparan dan Membuka Laporan Keuangan Ke Publik

-Debroo-44 views

Debroo.com . Laporan keuangan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hendaknya dibuka ke hadapan publik. Saran dari Pengamat Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing .
BPJS ReportHal ini hendaknya dilakukan setiap bulan guna menampilkan transparansi penggunaan dana BPJS selama ini.
“BPJS juga harus mengumumkan ketersediaan obat dan diberi tahu ke publik setiap minggu,” ujarnya, ahad (20/3).
BPJS juga perlu mengumumkan jenis penyakit yang ditanggung dengan stadium tertentu dan wajib melakukan penyuluhan tentang prosedur dan tahap penggunaan BPJS agar masyarakat paham dan melakukan dengan baik. demikian disampaikan Direktur EmrusCorner ini
Emrus menyebut, BPJS hendaknya pro-aktif mencari permasalahan dan memberi jalan keluar serta memberitahu peserta yang sedang menggunakan jasa BPJS  paling lambat 0,5 × 24 jam. Selain itu, hendaknya BPJS menyediakan call centre 24 jam untuk menerima dan terutama memberi jalan keluar yang tepat dari permasalahan yang dihadapi peserta BPJS  paling lambat 30 menit. Pasalnya persoalan penyakit yand diderita peserta terkait dengan keselamatan jiwa. Karena itu, tidak boleh mengulur-ulur waktu.
Pemerintah harus mengalokasikan dana abadi yang ditaruh di bank pemerintah minimal Rp 100 triliiun. Bunganya dapat digunakan untuk membiayai iuran masyarakat tidak mampu. “Jangan sampai ada tunggakan dana satu rupiah pun kepada rumah sakit pemberi layanan peserta BPJS,” kata Emrus.
Sumber : nasional.republika.co.id

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *