by

Pertempuran Di Ukraina Semakin Memanas

-Debroo-49 views

Bandara-Donetsk-diperebutkan-militer-Ukraina-dan-kubu-pemberontak-pro-Rusia
Bandara Donetsk diperebutkan militer Ukraina dan kubu pemberontak pro-Rusia

Debroo.com – Pertempuran Di Ukraina Semakin Memanas. Puluhan orang tewas dan luka-luka dalam pertempuran antara militer Ukraina dan pemberontak pro-Rusia yang memperebutkan Bandara Donetsk di bagian timur Ukraina. Tembakan artileri dilaporkan menimpa sejumlah daerah di sebelah timur Donetsk dan Luhansk. Bahkan, sebuah rumah sakit di Kota Donetsk dihantam artileri, Selasa 20/1/2015.
Baik militer Ukraina maupun kubu pemberontak pro-Rusia saling mengklaim pihak lawan telah melakukan kekejian. Kubu pemberontak menuding pasukan pemerintah melancarkan serangan terhadap warga sipil di Horlivka, sebuah kota di sebelah utara Bandara Donetsk.
Menurut Kepala Pertahan di Kubu Pemberontak, Eduard Basurin, Sebanyak sembilan warga sipil tewas dan 44 lainnya cedera oleh bom yang dijatuhkan pesawat militer Ukraina.
Di sisi lain, pemerintah Ukraina menuduh kubu pemberontak menyerang Debaltseve, kota di belahan timur laut Donetsk yang dikuasai militer, sehingga seorang bocah laki-laki dan ayahnya tewas. Serangan itu juga mencederai 10 warga sipil lainnya.
Militer Ukraina berupaya merebut wilayah Donetsk dan Luhansk yang dikuasai kubu pemberontak.
Militer Ukraina berupaya merebut wilayah Donetsk dan Luhansk yang dikuasai kubu pemberontak.

Eskalasi serangan itu memicu peringatan dari pemerintah Rusia. Deputi Menteri Luar Negeri Rusia, Gregory Karasin, mengatakan bahwa mengandalkan solusi militer ialah kesalahan terbesar sekaligus kesalahan strategis yang dapat menimbulkan konsekuensi terhadap negara Ukraina.
Namun, Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk mengatakan sedikitnya dua batalion militer Rusia yang terdiri dari 700 serdadu telah menyeberang dari Rusia ke Ukraina. Para serdadu itu, kata Yatsenyuk, membawa tank, peluncur roket, artileri, dan rudal.
Lebih dari 4.800 orang telah tewas sejak pihak separatis mengambil alih sebagian wilayah Donetsk dan Luhansk, April 2014 lalu. Untuk menghentikan korban, gencatan senjata antara Ukraina dan kubu separatis telah disepakati di Kota Minsk, Belarus, pada September 2014 lalu.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *