by

Menteri Luar Negeri Hendak ke Ramallah, Ditolak Saat Memasuki Wilayah Israil

-Debroo-75 views

Debroo.com .  Inilah salah satu komentar Anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya bangga dengan penolakan tersebut.  Menlu Retno LP Marsudi ditolak masuk wilayah Israel saat hendak menuju Ibu Kota Palestina, Ramallah, Minggu (13/3) kemarin.
menlu“Penolakan izin masuk bagi Menlu RI ke Ramallah, daerah yang harus melalui wilayah Israel bukan sesuatu yang mengejutkan. Menlu pun pasti sudah mengantisipasi ini. Penolakan kepada pejabat-pejabat tinggi RI selama ini adalah sikap politik Israel terhadap Indonesia yang giat mendorong kemerdekaan Palestina,” kata Tantowi kepada wartawan, Senin (14/3/2016).
Dalam konteks keadaan normal penolakan itu adalah menyakitkan tapi dalam konteks Indonesia sebagai pembela Palestina adalah hal yang membanggakan. kenapa..?
“Dalam konteks ini membanggakan, karena kita dianggap sebagai kekuatan terdepan di antara negara-negara OKI saat ini. Terlebih pernyataan Menlu Israel yang mengatakan bahwa dasar penolakan karena kita bermain satu kaki terkait perundingan soal Palestina. Israel menghendaki Menlu kita berkunjung ke Jerusalem dan berunding juga dengan mereka. Satu hal yang tidak mungkin dilakukan,”
Indonesia tak boleh gentar menghadapi Israel. Tekad  Indonesia untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah, utamanya di Tepi Barat, harus tetap bergelora.
“Dalam kondisi seperti ini, petinggi-petinggi OKI harus sering bertemu untuk mengevaluasi dan merealisasikan berbagai resolusi yang pernah dilahirkan, termasuk yang paling baru Deklarasi Jakarta dan Resolusi KTT Luar Biasa ke-5 di Jakarta beberapa waktu lalu,” pungkasnya.
Sumber : news.detik.com

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *