by

Kebijakan Ahok Dinilai Tak Ramah Terhadap Warga Betawi

-Debroo-44 views

Debroo.com. Demikian penilaian seorang Sejarawan JJ Rizal bahwasannya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak banyak melakukan upaya pelestarian kebudayaan Betawi. Ahok dinilai banyak melakukan kebijakan yang tak ramah terhadap warga betawi

Betawi“Gubernur yang sekarang lebih sibuk ‘membunuh’ aspek budaya Betawi. Dibunuhnya secara sistematis, terstruktur, dan masif, misalnya saja soal kebudayaan warga Betawi yang tinggal di pesisir,” ujar Rizal dalam sebuah diskusi di Tebet, Minggu (6/2/2016).
Salah satunya Rizal mengacu pada kebijakan reklamasi pesisir pantai yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI. Menurut Rizal, hal itu menunjukkan bahwa ketidaktahuan Ahok dan melupakan nasib warga pesisir, masyarakat Betawi.
Rizal mengatakan, siapapun Gubernurnya tidak harus perlu dari Etnis Betawi yang terpenting adalah mampu melestarikan kebudayaan Betawi dan mengenal serta perduli terhadap kesedtarian budaya Asi Jakarta ini.
Dia mengacu kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin yang dia anggap paling berjasa melestarikan kebudayaan Betawi. Menurut dia, Ali Sadikin-lah yang menemukan bahwa warga asli Jakarta berasal dari etnis Betawi.
“Tahun 1970-an, kita bisa mendapati bahwa kesenian Betawi bisa manggung di TIM. Dulu enggak ada organisasi yang pakai nama Betawi, kini ada,” ujar Rizal.
Sumber : megapolitan.kompas.com
Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *