by

Penyakit Myoma Uteri Banyak Serang Wanita Karir

-Debroo-47 views

Debroo.com. Penyakit Myoma Uteri Banyak Serang Wanita Karir. Wanita karir, terutama wanita yang banyak bekerja di depan laptop atau komputer selama lebih dari 5 jam sehari serta kurang olah raga lebih rentan diserang Penyakit Myoma Uteri.

Penyakit Myoma Uteri - Mioma uteri
Penyakit Myoma Uteri – Mioma uteri

Myoma Uteri adalah merupakan salah satu jenis tumor jinak yang berasal dari jaringan otot dinding rahim. Myoma uteri bisa tumbuh didinding rahim baik keluar dinding rahim maupun ke dalam rongga rahami sehingga menjadi salah satu penyebab tertutupnya jalan lahir janin.
Disamping itu, dampak bagi penderita myoma uteri yang paling banyak terjadi adalah kemandulan, dan pendarahan ketika melahirkan.
Bila ukuran myoma cukup besar dibandingkan kehamilan usia 12 minggu, maka hal tersebut sangat mengganggu bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi pendarahan vagina, oleh sebab itu biasanya pihak tim medis akan mengangkat myoma tersebut.
Myoma uteri, paling tinggi menyerang usia 20-24 tahun dan belum pernah ditemukan kasus myoma uteri untuk wanita masa post menopause. Penyakit myoma uteri dikenal juga dengan sebutan fibroid atau lebih dikenal dengan istilah miom, yang berbentuk bulat dan juga lonjong.
Gejala Penyakit Myoma Uteri atau Miom
Penyakit miom ini memang tidak dapat terdeteksi secara kasat mata, dan harus melakukan USG untuk melihat apakah menderita miom atau tidak, sehingga sangat disarankan bagi pasangan baru menikah yang ingin segera memperoleh momongan atau menginginkan kehadiran seorang anak, harus terlebih dahulu memeriksakan diri secara lengkap dan dalam istilah medis disebut pre pregnancy medical check up.
Hal tersebut sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan calon ibu, mulai dari anemia, gula darah, hypertensi hingga keadaan di rahim dan vagina, hal ini lah yang acap kali tidak dilakukan oleh pasangan muda, terlalu percaya diri bahwa dirinya sehat.
Gejala Penyakit Myoma Uteri atau Miom antara lain :
1. Pendarahan yang sangat banyak dan lama selama siklus haid atau juga diluar dari siklus haid.
2. Rasa nyeri yang muncul akibat dari tekanan tumor serta tangkai tumor yang berputar atau terpuntir, dan adanya infeksi didalam rahim.
3. Penekanan yang terjadi dibagian organ sekitar tumor, misalnya adalah pada kandung kemih, ureter, rektum dan juga pada bagian organ rongga panggul yang lain, yang dapat menimbulkan terjadinya susah buang air besar serta buang air kecil, pembuluh darah vena yang mengalami pelebaran didalam panggul, serta gangguan sakit ginjal akibat adanya pembengkakan tangkai tumor.
4. Gangguan sulit mendapatkan kehamilan akibat dari adanya penekanan yang terjadi di saluran indung telur.
Dan dibagian bawah perut dekat rahim akan terasa kenyal.
Faktor penyebab mioma uteri sangat banyak dan secara umum penyebab mioma antara lain :
1. Penyebab mioma uteri akibat faktor bakat adanya suatu rangsangan hormon yang asalnya dari kondisi emosi yang tidak terkendali, selain itu juga berat badan berlebih dan juga karena makanan yang tidak bernutrisi.
2. Faktor genetik atau keturunan, adanya riwayat kesehatan keluarga yag menderita penyakit mioma uteri.
3. Penyebab mioma uteri akibat infeksi dan jamur
4. Penyebab mioma uteri akibat faktor hormon
5. Penyebab mioma uteri akibat pola hidup yang tidak sehat dan mengalami stress.
Nah, sesuai dengan judul diatas, bahwa Penyakit Myoma Uteri Banyak Serang Wanita Karir hal itu berdasarkan faktor penyebab mioma uteri nomor 5 diatas. Banyak wanita karir yang memiliki tingkat kesetresan yang tinggi dan pola hidup yang tidak sehat.
Jika Anda, salah satu wanita karir, sebaiknya segera periksakan diri anda sebelum menderita miomi, jangan pernah malu untuk melakukan checkup di dokter kandungan meskipun anda belum bersuami.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *