by

Mengenal Organ Reproduksi Wanita Dalam Merencanakan Kehamilan

-Debroo-42 views

Debroo.com. Mengenal Organ Reproduksi Wanita Dalam Merencanakan Kehamilan. Bagi setiap pasangan suami istri baru atau pasangan suami istri setelah menikah, merencanakan kehamilan sangatlah penting dan selalu didambakan.
Nah untuk itu tidak ada salahnya sebagai pasangan suami istri untuk mengetahui apa saja yang harus diketahui dalam Merencanakan Kehamilan.
Hamil adalah terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sel sperma, yang kemudian sel telur dalam rahim akan berkembang menjadi janin yang terus akan membesar dari minggu ke minggu, pertumbuhan janin yang semakin membesar akan membuat rahim dan perut ibu hamil juga ikut membesar.
Kehamilan hanya bisa terjadi jika proses pembuahan terjadi dengan sempurna, hal itu dipengaruhi oleh tingkat kesuburan organ reproduksi pria dan organ reproduksi wanita.
Mengenal Organ Reproduksi Wanita

Organ Reproduksi Wanita
Organ Reproduksi Wanita

Peranan sel telur dalam pembuahan sangat penting, sel telur diproduksi oleh organ reproduksi wanita. Organ reproduksi wanita terdiri dari beberapa bagian yaitu :
– vagina
– dua indung telur atau Ovarium
– Uterus
– Rahim
– Tuba Falobi
Fungsi Vagina yaitu sebagai tempat dimana penis masuk, dimana dinding vagina juga akan memproduksi lendir yang licin dan tidak berwarna yang berfungsi untuk memperlancar keluar masuknya penis saat melakukan hubungan intim suami istri.
Fungsi Indung telur yaitu sebagai oragn yang menghasilkan sel telur dalam sekali produksi, sel telur yang dihasilkan sebanyak ribuan hingga jutaan sel telur.
Fungsi Rahim yaitu tempat bertumbuh kembang nya janin hasil pembuatan sel sperma dan sel telur.
Fungsi Tuba falobi yaitu sebagai penghubung antara masing-masing indung telur dengan rahim.
Wanita memiliki sikul bulanan yang disebut siklus menstruasi, yaitu proses indung telur mengeluarkan ribuan sel telur yang kemudian melekat npada dinding rahim. Jika terjadi hubungan intim, maka sel telur akan dibuahi sperma dan terjadilah kehamilan.
Sel telur yang tidak dibuahi akan dibuang melalui proses menstruasi.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *