by

Bom Jakarta : Ledakan Bom Guncang Jakarta

-Debroo-46 views

Debroo.com. Bom Jakarta : Ledakan Bom Guncang Jakarta Berdasarkan informasi yang di himpun debroo.com dari Antaranews, terjadi Dua ledakan yang keras terdengar sampai radius 1,5 km terjadi di sekitar perempatan Sarinah sekitar pukul 10.40 WIB dan pukul 10.55 WIB.

Teror Bom Jakarta - Bom di Sarinah
Teror Bom Jakarta – Bom di Sarinah

Ledakan tersebut terpantau dari Wisma ANTARA di Jalan Medan Merdeka Selatan, asap pun sempat membumbung tinggi dan ledakan terdengar sangat keras dan getarannya terasa cukup keras.

Selang setelah ledakan pertama, orang-orang berlarian menjauh dari radius sekitar 500 meter ledakan. Hingga saat ini, Jalan Thamrin tampak lengang dan beberapa orang di hotel Sari Pan Pacific tampak berlarian keluar. Ledakan kedua terdengar sekitar pukul 10.53 WIB.

Tak berselang lama, terjadi kembali 6 Ledakan bom yang terdengar sampai radius 2 km terdengar di Jakarta Pusat, dengan pusat ledakan di kawasan Sarinah, Jl Thamrin, Kamis sekitar pukul 11.03 WIB.

Rangkaian ledakan itu terjadi dalam kurun kurang dari 30 menit, sedangkan wartawan antaranews di lapangan menyatakan terjadi pula kontak senjata dengan polisi antara orang-orang diduga pelaku peledakan.

Tiga orang tergeletak di dekat pos polisi (pospol) perempatan Sarinah pasca ledakan terjadi. Korban tergeletak di dekat pos polisi dalam kondisi hancur.

Ledakan pertama terdengar pukul 10.40 WIB, sedangkan ledakan kedua terdengar sekitar pukul 10.50 WIB, ledakan ketiga pukul 10.56 WIB, ledakan keempat pukul 11.58 WIB, ledakan kelima pukul 11.00 WIB, dan ledakan keenam pukul 11.03 WIB

Menurut keterangan wartawan antaranews.com di lapangan, tiga ledakan terjadi bersusulan dan polisi menemukan senjata.

Orang-orang di sekitar kompleks gedung-gedung yang berdekatan dengan Gedung Sarinah di Jakarta Pusat, berhamburan menjauhi situs ledakan setelah ledakan pertama terjadi mereka berusaha mendekati situs ledakan.

Teror Bom Jakarta kali ini merupakan salah satu yang paling besar, Satu tim Gegana Polda Metro Jaya langsung bergerak ke satu kawasan di Jakalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Petugas Pusat Tata kelola Lalu-lintas (TMC) Polda Metro Jaya mengonfirmasi hal itu. Mengantisipasi hal-hal buruk, polisi mengamankan kawasan dan mengalihkan lalu-lintas di kawasan bisnis padat dan utama Jakarta itu.

Pada 1986, pernah terjadi serbuan roket berpeledak di Wisma Metropolitan I dan Hotel Presiden (sekarang Hotel Nikko), di Jalan MH Thamrin, di penggalan Bundaran Hotel Indonesia-Bundaran Bank Indonesia. Serangan itu dilakukan Brigade Anti Imperialisme, kelompok ekstrim-radikal dari Jepang.

Kedua bangunan bisnis di Jakarta itu merupakan bangunan yang dibangun memakai dana pampasan perang dari Jepang, yang telah menjajah Indonesia pada 1942-1945.

Teror Bom Jakarta - Baku tembak di Sarinah
Teror Bom Jakarta – Baku tembak di Sarinah

Hingga saat berita ini disiarkan, Teror Bom Jakarta di tengarai sebagai Bom bunuh diri. Para saksi mata melukiskan brutalisme yang terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, adalah aksi bom bunuh diri dan aksi tembak membabi buta seperti terjadi pada serangan teror di Paris akhir tahun silam.

Aksi bom bunuh diri ini menewaskan paling sedikit tiga orang dan semua dari ketiga orang itu adalah diduga pelaku bom bunuh diri.

“Pelakunya banyak,” kata seorang saksi mata petugas Satpam Bank Mandiri kepada antaranews di situs kejadian, Kamis. Para saksi mata mengatakan, salah seorang pelaku berkulit gelap dan berambut ikal, membawa tas ransel di punggungnya. “Dia mengenakan rompi,” kata seorang saksi mata.

Seorang saksi mata mengatakan bahwa seorang pelaku bom bunuh diri berperawakan kecil dan berwajah non Indonesia, seperti seorang imigran, sedangkan kedai minum Starbucks ditembaki dan dibom dua kali oleh dua bom bunuh diri.

Saat terjadi kontak senjata, dua polisi menderita luka berat, seorang warga meninggal dunia, dan seorang lainnya terluka parah.

Saksi mata juga mengatakan para pelaku bom bunuh diri meledakkan diri di kafe Starbucks pukul 10.53 WIB. “Setelah itu Starbucks diserang lagi,” ungkapnya Padahal menurut saksi mata, Starbucks saat itu sedang ramai dikunjungi para ekspatriat.

“Di dalam banyak bule, para pelaku yang jumlahnya banyak memburu polisi setelah meledakkan diri di Starbucks dan sebuah pos polisi, Mereka juga menyerang mobil tentara yang berada di sana, tiga pelaku bom bunuh diri tewas di tempat setelah meledakkan diri”

Pintu akses masuk bagi pejalan kaki di Kompleks Parlemen MPR, DPR, DPD RI ditutup untuk umum, mengantisipasi dampak ledakan bom di wilayah Jakarta Pusat pada Kamis (14/1) siang.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *