by

Inilah 10 Film Indonesia Terbaik 2015 Bagian 2

-Debroo-70 views

Debroo.com. Inilah 10 Film Indonesia Terbaik Sepanjang 2015. Pada tahun 2015 ini terdapat 117 judul film yang diproduksi, naik 4 film dari tahun 2014, yang 113 judul film. Angka itu bukan jumlah produksi terbanyak sepanjang sejarah. Di tahun 1970-an, dalam setahun pernah diproduksi 130-an film.

Film Indonesia Terbaik 2015 bagian 2
Film Indonesia Terbaik 2015 bagian 2

Ini lanjutan dari Inilah 10 Film Indonesia Terbaik 2015 Bagian 1

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film bertema kebangsaaan memang selalu mendapat tempat tersendiri, termasuk karya Garin Nugroho yang satu ini, yakni Film Tjokroaminoto. Lewat Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Garin kembali ingin memyampaikan isu kontemporer. Ia mengajak kita berkaca pada sejarah agar kita melihat bagaimana proses pesan Tjokro (Reza Rahadian) atas isu SARA.

Film ini unggul karena production value yang megah. Sungguh menyenangkan masih ada yang mau berinvestasi, sedemikian serius membuat ‘period movie’ atau film berlatar sejarah. Film macam ini masih dibuat tahun ini menandakan harapan untuk membuat film serius, dengan apa pun risikonya, di Tanah Air belum sirna.

4. Surga yang Tak Dirindukan

Film Surga yang Tak Dirindukan dibuat oleh produser yang menghasilkan Ayat Ayat Cinta (AAC, 2008). Maka, boleh dibilang film ini meneruskan tradisi yang sudah digagas sejak AAC tersebut, yakni persoalan umat Islam hari-hari ini bukan lagi persoalan kesalehan komunal (seperti era film Al Kautsar), melainkan kesalehan personal macam mengatasi masalah poligami tanpa mengingkari perintah Tuhan tersebut.

Memang seolah persoalan umat Islam jadi tak beranjak dari sekitar 7 tahun lalu. Namun, Surga yang Tak Dirindukan tetap menjadi tontonan asyik. Kuntz Agus, sutradaranya, berhasil menelurkan karya yang melodramatis sebagaimana Hanung Bramantyo dulu lewat AAC.

Ia pintar mengaduk emosi penonton atas praktik poligami yang dilakukan tokoh-tokohnya (Fedi Nuril yang mempraktikkan poligami pada Laudya Cynthia Bella dan Raline Shah). Di luar itu, Surga yang Tak Dirindukan juga menampilkan wajah kelas menengah muslim Indonesia hari ini. Itu rasanya nilai penting satu lagi film ini bagi studi perfilman kita.

Lanjut ke Inilah 10 Film Indonesia Terbaik 2015 Bagian 3

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *