by

Inilah 10 Film Indonesia Terbaik 2015 Bagian 1

-Debroo-47 views

Debroo.com. Inilah 10 Film Indonesia Terbaik Sepanjang 2015. Pada tahun 2015 ini terdapat 117 judul film yang diproduksi, naik 4 film dari tahun 2014, yang 113 judul film. Angka itu bukan jumlah produksi terbanyak sepanjang sejarah. Di tahun 1970-an, dalam setahun pernah diproduksi 130-an film.

Film Indonesia Terbaik 2015
Film Indonesia Terbaik 2015

Tahun ini kita menyaksikan ada dua film yang melewati angka 1 juta penonton (Surga yang Tak Dirindukan dan Comic 8: Casino Kings part 1). Dilansir dari filmindonesia.or.id, film pemenang Piala Citra Film Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) dan Apresiasi Film Indonesia (AFI) tahun ini justru tak pernah beredar di bioskop secara komersil. Ya, film itu berjudul Siti, sebuah film hitam-putih yang lebih banyak diputar di festival-festival film di luar negeri ketimbang di bioskop negeri sendiri.

Film-film bagus itu biasanya tenggelam oleh ingar-bingar film-film nasional yang disuka kaum alay dan film blockbuster Hollywood. Ketika filmnya jadi pembicaraan di media sosial, sudah terlambat untuk dapat penonton lebih banyak lantaran sudah telanjur turun dari layar bioskop.

lalu, broo, saatnya lagi agar kita ingat film-film nasional apa saja yang menjadi 10 film Indonesia terbaik tahun 2015 ini.

1. Siti

Tak semua orang Indonesia berkesempatan menonton film ini di bioskop komersil. Siti memang lebih berjaya di festival film dan jadi tontonan kesayangan di komunitas-komunitas film.

Siti tampak diniatkan sebagai sebuah karya mandiri. Formatnya saja hitam-putih dengan rasio gambar 4:3. Siti mengisahkan kehidupan satu hari seorang perempuan bernama Siti (diperankan Sekar Sari), 24 tahun seorang ibu muda, mengurusi ibu mertuanya, Darmi dan anaknya, Bagas (Bintang Timur Widodo) serta suaminya, Bagus (Ibnu widodo). Pilihan hitam-putih kemudian memang membuat Siti terlihat artistik. Akting Sekar sebagai Siti juga total dan paling banyak dapat pujian. Film ini begitu memihak pada perempuan, kaum yang kerap termarjinalkan.

Kemenangan Siti di ajang AFI dan FFI tahun ini dianggap simbol kemenangan sinema independen. Kabarnya tahun depan Siti bakal dirilis di bioskop komersil di luar bagian acara sebuah festival film.

2. Mencari Hilal

Meskipun Film Hilal dituding menjiplak plot Le Grand Voyage (2004) sebuah film Prancis tentang perjalanan ayah dan anak yang tak akur dari Prancis ke Mekkah lewat darat, namun tetap asyik di tonton. Mencari Hilal mengisahkan Heli (Oka Antara) yang terpaksa menemani ayahnya, Pak Mahmud ( Deddi Sutomo) yang ingin mencari hilal dengan caranya sendiri. Meskipun hubungan ayah dan anak ini tak akur.

Mencari Hilal tetaplah sebuah karya yang asyik. Filmnya juga memperlihatkan akting jempolan dua bintang utamanya, sesuatu yang tak bisa dijiplak. Namun di luar itu, Mencari Hilal dengan amat tepat menggambarkan bagaimana kehidupan beragama kita di akar rumput. Ia menunjukkan Islam Nusantara tak pernah tunggal. Selalu warna-warni. Lewat film ini, Ismail Basbeth membuktikan ia sutradara cemerlang yang punya masa depan cerah.

Lanjut ke Inilah 10 Film Indonesia Terbaik 2015 Bagian 2

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *