by

Sinopsis Gangaa, Kisah Perjuangan Hidup Wanita dari Kasta Terendah

-Debroo-120 views

Debroo.com. Sinopsis Gangaa, Kisah Perjuangan Hidup Wanita dari Kasta Terendah. Tak banyak serial Drama India yang mengangkat tema Kehidupan Sosial dan perjuangan kasta terendah mendapatkan haknya sebagai wanita.

Sinopsis Gangga SCTV
Sinopsis Gangga SCTV

Sinopsis Gangaa menceritakan kisah perjuangan seorang anak yang terlahir di kasta terbawah, yakni Sudra, Gangaa menjalani sebuah ritual yakni menikah di usia 5 tahun, perjuangannya mendapatkan hak sebagai wanita terhormat akan dapat broo and sis saksikan dalam serial Gangaa yang saat ini tayang di SCTV

Pernikahan dibawah umur, dan perlakuan tidak adil masih sering terjadi di India meski sudah tidak sesering dulu lagi. Di India, wanita menikah atau anak yang sudah dinikahkan, lalu menjadi janda, akan dikutuk dan dikucilkan. Menurut kepercayaan mereka, melihat wajah janda—baik yang dewasa maupun anak-anak—di pagi hari akan membuat mereka terkutuk seumur hidup.

dirangkum dari jadwaltelevisi.com, Kisah Gangaa bukanlah merupakan kisah nyata, namun diangkat dari kehidupan snyata, dimana ada ribuan anak di negara India yang mengalami hal serupa. Beberapa dari mereka beruntung karena dapat berjuang untuk kehidupannya, dengan menimba ilmu secara sembunyi-sembunyi.

Namun lebih banyak para ‘janda kecil’ yang harus dikucilkan hingga mereka tua dan meninggal tanpa dikubur secara layak. Mereka pun harus digundul dan mengenakan kain sari berwarna merah, dan wanita janda dari kasta terendah ternyata tidak boleh bersuami lagi.

Hal ini untuk membedakannya dengan wanita-wanita lain yang masih bersuami. Terlebih, seorang janda dengan kasta rendah di India tidak diijinkan menikah lagi. Kalaupun ia menikah, wajar saja apabila sang suami baru nantinya akan melakukan kekerasan domestik. Fakta yang sangat mengerikan, karena praktek ini masih sering terjadi meski sudah banyak relawan yang memperjuangkan hak-hak wanita yang tertindas seperti ini.

Hal inilah yang akan diangkat oleh sutradara Waseem Sabir. Ia ingin mengangkat fakta yang tidak banyak diketahui oleh dunia luar, dimana hak asasi anak dan wanita di India masih belum dapat dinikmati sewajarnya, bagi beberapa kasta.

Cerita Gangaa, adalah seorang gadis kecil yang kehilangan suami dan ayahnya karena perang saudara. Sesuai penjelasan diatas, Gangaa tentu harus menghadapi tekanan dari masyarakat sekitarnya. Si kecil Gangaa bukannya bermain dan bersekolah seperti layaknya anak-anak di usia normal, dari kasta yang tinggi.

Tetapi, ia tetap harus bekerja keras untuk menghidupi dirinya dan keluarga. Tentu, tidak mudah mencari kerja dengan statusnya yang dianggap hina tersebut.

Sosok Gangaa disini bukanlah sosok cengeng yang pasrah pada nasib. Faktanya, banyak gadis kecil di India bernasib serupa namun tidak dapat berbuat banyak karena rasa takut dikucilkan, bahkan dibakar oleh massa apabila keberadaannya dianggap menganggu.

Namun, Gangaa memiliki karakter kuat, selalu berjuang demi haknya. Ia tidak ingin berjuang untuk dirinya sendiri, tetapi juga bagi mereka yang mengalami nasib serupa dengan dia. Akhirnya, banyak orang mengakui bahwa Gangaa memiliki karakter seperti sungai keramat di India, sungai Gangga yang selalu mengalir, apapun yang terjadi

Beruntung, masih ada beberapa pihak yang salut dengan perjuangan sang gadis dan mendukungnya. Ia adalah Niranjan Chaturvedi. Meski ia adalah seorang pria yang menjadi pemimpin patriarki di keluarga Chaturvedi.

Profesinya adalah seorang hakim yang tegas dan menjunjung tinggi keadilan. Ia juga memperjuangkan keseimbangan antara hak laki-laki dan perempuan. Di satu sisi, ia sangat menghormati ibunya yang kolot, meski ia tidak mengaplikasikannya. Di sisi lain, pemikirannya yang maju dan modern membuatnya ingin berjuang demi keadilan bagi wanita dan anak-anak di India.

Trailer Gangaa

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *