by

Penyerangan di Paris : Facebook Aktifkan Fitur Safety Check untuk Lacak Korban Paris

-Debroo-45 views

Debroo.com. Penyerangan di Paris : Facebook Aktifkan Fitur Safety Check untuk Lacak Korban Paris. Respon cepat Facebook itu langsung mendapat respon positif dari pengguna. Sistem pelacak ini dapat memudahkan teman dan anggota keluarga untuk mengetahui kondisi terakhir dari pengguna yang ada di sekitar daerah serangan.

CEO Facebook Mark Zuckerberg
CEO Facebook Mark Zuckerberg

Tak hanya mendapat respon positif, Facebook juga mendapat banyak kritik. Jejaring sosial ini dianggap pilih kasih sebab sehari sebelumnya telah terjadi peristiwa pemboman di Beirut, Lebanon. Facebook seharusnya sudah mengaktifkan fitur itu di peristiwa Lebanon.

Kritikan itu pun sudah didengar oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg. Ia langsung memberikan tanggapannya melalui akun resminya.

“Banyak orang memiliki hak untuk bertanya mengapa kami menyalakan Safety Check untuk Paris, tetapi tidak saat pemboman di Beirut dan tempat lain,” tulis Zuckerberg. Suami dari Priscilla Chan ini menjelaskan bahwa sebenarnya fitur Safety Check dibuat hanya untuk peristiwa bencana alam, seperti gempa bumi dan banjir.

Namun, melihat fitur itu dibutuhkan juga untuk kejadian penyerangan seperti di Paris, Facebook akhirnya mengubah peraturan tersebut.

“Sampai kemarin, kebijakan kami adalah untuk mengaktifkan Safety Check untuk bencana alam. Kami mengubahnya dan saat ini berencana untuk mengaktifkan Safety Check untuk bencana manusia berikutnya,” katanya.

Jawaban Zuckerberg ini tidak cukup menjawab mengapa Safety Check tidak diaktifkan saat insiden di Beirut tetapi pada serangan bom dan penembakan di Paris. Padahal kedua peristiwa tersebut sama-sama pemboman, menimbulkan korban jiwa, dan hanya terpaut satu hari.

Di rangkum dari Business Insider, Senin (16/11/2015), Facebook baru mengaktifkan fitur itu sebanyak lima kali sejak dirilis pada Oktober 2014 lalu. Fitur ini sendiri dibuat sebagai respon Facebook atas bencana alam gempa bumi yang menimpa Jepang di tahun 2011 lalu.

Safety Check di Paris sendiri dikatakan digunakan oleh lebih dari 4,1 juta pengguna Facebook.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *