by

Inilah Fakta Unik Kisah Serial Mahaputra Yang Harus Kamu Tahu

-Debroo-405 views

Debroo.com. Inilah 5 Fakta Unik Kisah Serial Mahaputra Yang Harus Kamu Tahu. Bagi para penggemar Serial Mahaputra yang tayang setiap hari di ANTV, mungkin diantara para penggemar masih beranggapan bahwa Serial Mahaputra ini hanyalah sebuah drama yang dibuat tanpa latar beakang sejarah.

Rachana Parulkar Pemeran Ajabdee Dewasa
Rachana Parulkar Pemeran Ajabdee Dewasa

Mahaputra, adalah sebuah serial drama sejarah yang diberi judul Bharat Ka Veer Putra-Maharana Pratap. Kisah perjalanan sejarah hidup raja Maharana Pratap, seorang raja besar Hindu yang menguasai Mewar (sekarang Rajasthan) pada abad ke-16, yang kemudian berperang melawan Raja Jalal.

Serial Mahaputra ini berlangsung dalam periode waktu yang bersamaan dengan kisah Jodha Akbar. Hanya saja dalam kisah Mahaputra ini suami Jodha Akbar, Raja Jalaludin Akbar yang menguasai kerajaan besar Mughal menjadi lawan dari Maharana Pratap. Perjuangan Maharana Pratap melawan kerajaan besar Mughal menjadi latar belakang utama dalam kisah Mahaputra ini.

Selain fakta tersebut, masih ada beberapa fakta unik dan perlu diketahui
1. Maharana Pratap mempunyai 11 isteri, 17 putra dan 5 putri
– Maharani Ajabdeh Punwar
Maharani Ajadeh adalah istri pertama Maharana Pratap yang dinikahi pada usia 17 pada tahun 1557. dari pernikahan Mahaputra dan Ajabde lahir putra dan penerus Maharana Pratap pertama yaitu Amar Singh yang lahir pada tahun 1559.

– Rani Solankhinpurbai
Dia adalah istri ke-2 mahaputra atau Maharana Pratap dan memiliki dua putra yaitu Kunwar Gopal dan Kunwar Sahas Mal Sahas Mal adalah pendiri dan leluhur Rawats Estate Dhariawad. Penggantinya adalah Kunwar Bhupat Ram.

– Rani Champa Bai Jhati
Istri ketiga Maharana Pratap adalah Rani Champa Bai Jhati dan mempunyai tiga anak lelaki – Kunwar Kachra Singh, Kunwar Sanwal Das Singh dan Kunwar Durjan Singh. Sementara itu, Kunwar Kachra Singh diberi jagir Jolawas, sebuah tempat di tehsil Gogunda Kabupaten Udaipur, rincian anak-anak dua lain tidak diketahui.

– Rani Jasobai Chauhan
Rani Jasobai Chauhan adalah istri keempat Maharana Pratap dan anak tunggal mereka adalah Kunwar Kalyan Das Kunwar Kalyan Singh. Dia diberi jagir Parsad (Parshad) daerah dekat Udaipur.

– Rani Phool Bai Rathore
Phool Bai Rathore Phool Kanwar adalah istri kelima Mahaputra atau Maharana Pratap kelima, dari Phool dikaruniai Kunwar Chanda Singh sering disebut sebagai putra kedua dari Maharana Pratap. Dia diberi jagir Anjana. Phool Bai Rathore juga memiliki putra yang lain bernama Thakur Shekha Singh. Shekha Singh adalah putra keempat Pratap, berikutnya hanya untuk Sahas Mal, putra dari istri keduanya. Dia diberi jagirs Bera dan Nana

– Rani Shahmati Bai Hada
Pratap menikah dengan Puteri Hada Shahmati Bai Hada dan menjadikannya sebagai istri ke-6. Hadas adalah penguasa Kota dan Fitri. Mereka memiliki seorang putra bernama Pura. Pura atau Kunwar Puran Mal adalah putra 11 Marahana 12 Udaipur. Puran Mal adalah Thakur pertama dari jagir Mangrop di distrik Bhilwara yang hadir di Udaipur. Mangrops adalah leluhur dari klan Raput lain-“Purawat”.

– Rani Khichar Ashabai
Rani Khichar Ashabai adalah istri ke-7 Mahaputra dan memiliki dua putra – Kunwar Hathi Singh dan Kunwar Ram Singh. Wilayah Manakari dan Udlias diberikan kepada Ram Singh dan Hathi Singh ditunjuk untuk mengurus tiga berbeda jagirs-Vais, Dantra dan Gendlya.

– Rani Alamdebai Chauhan
Maharana Pratap atau Mahaputra menikahi seorang putri dari klan Chauhan dan membuat istrinya menjadi 8. Rani Alamdebai Chauhan melahirkan Kunwar Jaswant Singh yang berdiam di jagirs Jalod dan Karunda.

– Rani Ratnawati Parmar
Istri ke-9 Maharana Pratap adalah Ratnawati Parmar yaitu adik Maharani Ajabade. Maharani Ajabdeh memiliki keinginan terakhir agar Ratnawati adik Nya menjadi istri Maharana Pratap. Dia punya seorang putra bernama Kunwar Maal Singh.

– Rani AmarBai Rathore
Istri ke-10 Mahaputra atau Maharana Pratap adalah Rani AmarBai Rathore yang memiliki anak Kunwar Natha Singh.

– Rani Lakhabai
Rani Lakhabai adalah istri ke-11 Mahaputra atau Maharana Pratap dan memiliki anak Kunwar Raibhana Singh.

2. Pernah menyerah kepada kerajaan Mughal namun dibatalkan

Raja Maharana Pratap seorang yang pemberani dan ahli strategi ulung yang menjadi modal utamanya dalam melawan kerajaan Mughal tetapi ada masanya ketika harus bergerilya di tengah hutan, sang raja merasa tidak tega melihat kesengsaraan keluarga besarnya. Karena itulah dia kemudian mengirim surat kepada raja Akbar untuk meminta perundingan penyerahan diri.

Raja Akbar sangat senang karena sebetulnya dia juga sedang menghadapi perlawanan dari adiknya sendiri, Mirza Hakim. Raja Akbar kemudian menyuruh seorang pujangga bernama Prithiraj untuk menulis surat balasan. Dalam surat balasan itu Prithiraj malah menasehati Maharana Pratap untuk tetap tegar dan tidak menyerah. Surat ini kemudian menjadi inspirasi baginya untuk tetap melawan kerajaan Mughal.

3. Ketika kalah perang, Mendapat bantuan keuangan dari mantan menteri
Pada tahun 1576, raja Akbar memerintahkan raja Man Singh untuk menyerang Mewar. Dalam awal-awal peperangan, meskipun kekuatan pasukan kerajaan Mughal jauh lebih besar tetapi pasukan Mewar berhasil mendesak mereka mundur sampai muncul isu kedatangan raja Akbar.

Isu ini memompa semangat pasukan Mughal hingga akhirnya berhasil mengalahkan Mewar. Di saat moral pasukannya hancur dan lemah karena serangan Mughal, keuangan kerajaan Mewar juga hampir habis, muncullah sosok penolong dalam diri Bhama Shah, mantan menterinya yang menyerahkan seluruh harta bendanya. Dengan dana itu Maharana Pratap bisa meneruskan perjuangannya melawan kerajaan Mughal selama 12 tahun kemudian.

4. Pernah menegur anaknya karena menangkap keluarga Rahim
Mungkin bagi penonton setia serial Jodha Akbar tentu mengenal Rahim. Dia adalah anak kandung dari Bairam Khan, suami pertama dari ratu Salima yang juga merupakan anak tiri Jalaluddin Akbar. Pada suatu ketika rombongan keluarga Rahim dan beberapa pejabat Mughal jatuh ke tangan Amar Singh, putra tertua Maharana Pratap.

Meskipun saat itu Rahim tengah dalam posisi untuk menyerang Mewar, namun ikut ditangkapnya para wanita keluarga Rahim membuat raja Pratap menegur Amar Singh dan seketika memerintahkan agar mereka diantar kembali dalam keadaan selamat. Tindakan ini membuat Rahim menaruh simpati pada Maharana dan membuatnya memutuskan mundur dari tugas menyerang Mewar.

5. Menolak Membunuh Maan Singh dengan Cara Licik
Masih ingat dengan Maan Singh, bukan? iya Maan Signh adalah salah satu komandan besar pasukan Mughal yang juga keponakan Jodha Akbar yang ditugaskan menyerang Mewar. Maharana Pratap mendapat informasi dari mata-matanya bahwa Man Singh tengah berburu di hutan dan hanya ditemani beberapa orang prajurit. Jika dalam keadaan lengah ini dia diserang, tentu dengan mudah dapat membunuhnya.

Meskipun mata-matanya menyarankan agar dia menggunakan kesempatan ini untuk membunuh Maan Singh namun Maharana Pratap adalah seorang ksatria. Dia lebih memilih untuk melawan Maan Singh di medan perang daripada harus membunuhnya dengan cara pengecut.

Dalam pertempuran di Haldi Ghati, Maharana Pratap bertarung satu lawan satu melawan Man Singh meskipun akhirnya dia kalah dan hampir mati. Beruntung saat itu salah seorang anak buahnya berhasil menolongnya. Hingga sekarang keberanian raja ini membuat Mewar menjadi satu-satunya wilayah Rajput yang tidak pernah dikuasai Mughal.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *