by

Basmi ISIS, Revolusi Suku Sangat Diperlukan

-Debroo-45 views

Perdana Menteri Irak, Haider al Abadi
Debroo.com – Perdana Menteri Irak, Haider al Abadi menyerukan pentingnya dilakukan “revolusi suku” untuk membasmi ISIS. Ini sebagai tanda pentingnya posisi Baghdad dalam perlawanan suku-suku terhadap kelompok teroris itu.
Seperti diberitakan Middleeastonline, Selasa (6/1/2015), dalam pertemuan dengan Suhaib al-Rawi, gubernur baru untuk Provinsi Anbar, Perdana Menteri Irak menekankan perlunya sebuah revolusi suku untuk membersihkan masyarakat Irak dari musuh asing ini.
Dia menekankan pentingnya suku dan anak-anak dari provinsi ini untuk turut ambil bagian dalam membebaskan wilayah mereka dari organisasi teroris.
ISIS melakukan serangan tahun lalu ke sebagian besar wilayah Irak, termasuk wilayah yang signifikan di Anbar yang membentang dari perbatasan dengan Suriah, Yordania dan Arab Saudi hingga ke bagian barat yang berdekatan dengan Baghdad.
Dukungan dari suku Sunni kuat Irak dipandang sebagai penting untuk mengalahkan ISIS, dan para petempur suku – yang sekarang sedang dilatih oleh Baghdad – telah memainkan peran penting dalam mencegah milisi ISIS menguasai lebih banyak wilayah di Anbar.
Pasukan keamanan Irak kalah di awal serangan ISIS Juni lalu. Namun, kini memperoleh bantuan dari serangan udara yang dipimpin AS, penasihat internasional, milisi Syiah dan suku Sunni, dan mulai menguasai kembali beberapa daerah.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *