by

Mobil Chevrolet Trax Pesaing HR-V dari Amerika Siap Meluncur

-Debroo-85 views

Debroo.com. Mobil Chevrolet Trax Pesaing HR-V dari Amerika Siap Meluncur. Pasar Sport utility vehicle (SUV) kian ramai dan kian banyak persaingan dari Honda HR-V, Ford EcoSport, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios, dan sebentar lagi meluncur SUV saingan baru yang ternyata diproduksi oleh Chevrolet.

Foto Mobil Trax
Foto Mobil Trax

Hal itu dibenarkan oleh pihak General Motors Indonesia yang mengatakan bahwa rencana peluncuran bakal calon model terbarunya Trax untuk pasar domestik tanah air mendapat sambutan yang baik dan antusias dari konsumen Indonesia.
Gaurav Gupta, Presiden Direktur GM Indonesia mengatakan, dalam serangkaian waktu singkat GM Indonesia sudah menggelar beragam acara yang berkaitan dengan rencana peluncuran Trax untuk Indonesia. Trax diperkenalkan di pameran otomotif di BSD, Tangerang, akhir Agustus lalu, kini GM Indonesia mengajak sejumlah jurnalis, berkunjung ke Korea Selatan, basis produksi Trax.
“Baru kali ini kami mengawal rencana meluncurkan suatu model baru dalam beberapa tahapan. Sebelumnya, tidak ada, cuma peluncuran, kemudian test drive, dan begitu saja. Kali ini kami mau berbeda,” kata Gaurav di Bupyeong, Korea Selatan, Kamis (21/10/2015).
Orang berdarah India ini mengaku sangat optimis dengan apa yang ditawarkan Trax untuk konsumen di Indonesia. Selain itu, melihat besarnya potensi pasar SUV kompak di Indonesia yang masih tumbuh, membuat prinsipal menyetujui rencana peluncuran Trax.
Jika melirik pendaftaran tipe kendaraan bermotor pada data Kementerian Perindustrian, terlihat kalau GM Indonesia hanya akan memboyong Trax dalam satu tipe, yakni varian mesin bensin 1.4 liter turbo, dengan transmisi 6-percepatan otomatis.
Foto Mobil Trax 02
Foto Mobil Trax

Ternyata Pajak Trax Lebih Murah
Kembali menanyakan soal waktu peluncuran Trax di Indonesia, Gaurav masih belum mau terbuka sepenuhnya kepada khalayak. Tapi, jika melihat beberapa faktor yang ada di lapangan, kemungkinan besar SUV segmen B ini baru mulai dipasarkan awal tahun depan (2016).
Hal itu berdasarkan kapasitas produksi yang sudah penuh pada fasilitas perakitan Trax di Bupyeong, Korea Selatan, dengan lead time 1 menit (satu jam menghasilkan 60 unit mobil). Sehingga dibutuhkan waktu untuk pabrik bisa memenuhi permintaan Indonesia. Selain itu, permintaan Trax saat ini lagi besar berdatangan dari negara lain, seperti Korea, Eropa, dan Australia.
Foto Mobil Trax
Foto Mobil Trax

Kedua, menyangkut pada perjanjian perdagangan bebas antara ASEAN dan Korea (AK-FTA). Pada perjanjian regional itu, mulai 2016, Pajak Bea Masuk mobil-mobil yang diimpor utuh (completely built up/CBU) akan diturunkan dari posisi saat ini 15 persen, menjadi hanya tinggal 5 persen. Seperti diketahui, GM Indonesia memang memanfaatkan fasilitas fiskal ini untuk memboyong model-model unggulannya dari pabrik di Korea Selatan.
Menanggapi hal ini, Gaurav masih belum mau membeberkan kapan waktu peluncuran. “Pokoknya dalam waktu dekat kami akan luncurkan, prosesnya sudah berjalan, dan kami (GM Indonesia) akan mengajak Anda (jurnalis) ikut terlibat di dalamnya,” ucap Gaurav.
Perkiraan Harga Mobil Trax $20.000 – $30.000
Tipe Mobil TRAX
Tipe Mobil TRAX

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *