by

Pengen Tahu Cara Mudah Main Game PSP di Android ?

-Debroo-81 views

Debroo.com. Pengen Tahu Cara Mudah Main Game PSP di Android ?. Saat ini smartphone berbasis Android hadir dengan spesifikasi hardware yang menakjubkan, terlebih untuk memainkan game dengan tingkat grafis tinggi.
Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa kita harus meninggalkan hal-hal klasik sebelum kehadiran smartphone. Ada masa ketika PlayStation Portable atau PSP merupakan sebuah perangkat yang “bersinar” terang. Namun kini kehadiran smartphone telah membuat PSP meredup.
Untungnya, kita tidak perlu mengatakan selamat tinggal pada permainan favorit kita di PSP. Sebab kita juga dapat memainkan permainan PSP di smartphone berbasis Android.
Berikut ini Cara Mudah Main Game PSP di Android ? tentu dengan menggunakan emulator khusus.
Emulator PSP
Ada banyak emulator PSP yang tersedia di Google Play Store, tetapi tidak semuanya bekerja dengan baik. Dalam tutorial ini, emulator yang digunakan adalah emulator PPSSPP. Ini adalah aplikasi Android yang bersifat open-source dan didukung iklan untuk versi gratisnya.
PPSSPP dapat diunduh dari Google Play Store selama perangkat yang digunakan berjalan di Android versi 2.3 atau lebih. Aplikasi ini tidak hadir dengan setiap jenis permainan PSP, sehingga ISO image atau .CSO file dari permainan PSP harus ditambahkan di ponsel Android untuk memuat (load) permainan.
Mendapatkan ISO Image dari Permainan PSP
Untuk mulai memainkan permainan PSP di emulator PPSSPP, ISO image dibuat terlebih dahulu dari PSP UMD (Universal Media Disc). Untungnya, proses ini tidak sulit dan gratis. Di samping itu, membuat ISO image dari permainan PSP untuk penggunaan pribadi adalah legal.
Jika ISO image di ponsel Android sudah tersedia, jalankan emulator PPSSPP dan arahkan ke tab “Games”. Di sini, semua folder ponsel akan muncul, arahkan ke folder di mana ISO image berada. Di situlah terdapat permainan yang bisa dimainkan. Sekarang, tap permainan yang ada untuk memulai permainan.
Cara Mudah Main Game PSP di Android 01
Tombol-tombol akan muncul di layar dan cukup sentuh tombol-tombol itu untuk menggunakannya.
Cara Mudah Main Game PSP di Android 02
Memang, pengalaman memainkan permainan PSP di Android tidak akan seperti di PSP sungguhan dengan tombol fisik. Emulator PPPSSPP juga menyediakan banyak setelan kustomisasi untuk meningkatkan performa permainan. Tap “Setting” di tampilan antarmuka utama, maka akan muncul sejumlah opsi. Setel opsi tersebut sesuai kebutuhan.
Cara Mudah Main Game PSP di Android 03
Cara Mudah Main Game PSP di Android 04
Catatan: Performa permainan tergantung pada spesifikasi ponsel Android Anda. Beberapa permainan dapat bekerja sedikit lebih lambat, dan beberapa lainnya bahkan mungkin tidak bekerja sama sekali. Dianjurkan menggunakan ponsel Android mid-range atau high-end.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *