by

Peringatan Hari Veteran Nasional 11 Agustus, Long March Diiringi Panser

-Debroo-103 views

Debroo.com. Long March Diiringi Panser, Peringatan Hari Veteran Nasional 11 Agustus. Pemerintah Indonesia akan menetapkan pada tanggal 11 Agustus sebagai Hari Veteran Nasional.
Langkah itu diambil sebagai babak baru bagi sejarah Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat bersilaturahmi dengan para veteran di Malang melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu (8/8/2015).
Kementerian Pertahanan dan Keamanan dan Kementerian Sosial terus menjalin silaturahmi kepada Veteran. Kedua institusi itu memberikan penghormatan atas jasa-jasa mereka terhadap bangsa dan negara.
Mensos Khofifah mengatakan, wujud silaturahmi Kemensos bagi perintis kemerdekaan adalah dengan memberikan insentif Rp 23,5 juta per tahun dan Pahlawan Rp 50 juta/tahun sebagai bentuk ucapan terimakasih Indonesia kepada para vetaran dan pahlawan.
Kemensos akan terus memperhatikan kondisi para veteran, salah satunya veteran Timor Timur yang kehilangan anggota tubuh. Bentuk perhatian tersebut pemerintah akan memberikannya pergantian (portise) anggota tubuh dan sembako.
Dalam peringatan Hari Veteran Nasional, para veteran akan melakukan aksi long march dari Hotel Sultan hingga Jakarta Convention Center (JCC). Mereka akan menggunakan pakaian saat berjuang mengusir penjajah. Selain itu, sejumlah kendaraan panser pun akan mengiringi para veteran tersebut.
Hari Veteran ini dilaksanakan oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) bersama Kementerian Pertahanan dan Kementerian Sosial. Penetapan hari tersebut diputuskan melalui Keputusan Presiden tahun 2014 namun pelaksanaannya baru 2015.
Hingga kini 163 orang sudah dianugerahi gelar pahlawan nasional melalui pengajuan dan seleksi. Mereka dinilai berjasa besar bagi bangsa.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *