by

Apa Fungsi Kotak Hitam (BlackBox) Pada Pesawat Terbang? Dan Bagaimana Bentuknya?

-Debroo-55 views

Fungsi Blackbox dan Bentuknya
Debroo.com – Apa Fungsi BlackBox Pada Pesawat Terbang? Dan Bagaimana Bentuknya? Kotak Hitam atau Blackbox adalah sekumpulan perangkat yang didesain khusus untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC). Selain itu juga, Kotak Hitam berfungsi untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.
Black Box sendiri juga tahan terhadap suhu yang tinggi sampai 1.100 C. Crash Survivable Memory Unit (CSMU) berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m)
Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Pemberian nama kotak hitam hanyalah sebuah istilah. Pemberian warna terang dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.
Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.
desain dan fungsi blackbox kotak hitam
Alat perekam dalam penerbangan ini, Flight Data Recorder (FDR) atau Cockpit Data Recorder (CDR), umumnya menggunakan pita perekam selayaknya kaset pada tape recorder. Namun perkembangan baru, kini telah digunakan FDR atapun CDR yang merekam menggunakan chip memory khusus.

Sejarah BlackBox

Lanjut Halaman 2 –>

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *