by

Inilah Kelebihan Windows 10 Yang Harus diketahui

-Debroo-66 views

Debroo.com. Inilah Kelebihan Windows 10 Yang Harus Kamu Tahu. Broo tentu sudah tahu, jika pada Rabu (29/7/2015) Microsoft secara resmi telah meluncurkan Sistem operasi Windows 10 yang telah di gratiskan penggunaanya untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1.
Kehadiran Windows 10 digadang-gadang sebagai “penebus” kegagalan Windows 8 yang sebelumnya telah beredar. Windows 10 memang berbeda jika dibandingkan pendahulunya, Windows 8 atau 8.1. Bahkan Microsoft sendiri mengungkapkan bahwa, Windows 10 dirancang dari nol, bukan perbaikan dari Windows versi sebelumnya.
Jika kita perhatikan dengan seksama, ada hal yang paling menonjol yang bisa dlihat pada tampilan taskbar yang kembali berisi tombol Start, serta tambahan baru search bar milik Cortana.
Namun, fitur keren Windows 10 ternyata bukan hanya tombol start dan search Cortana. Inilah Kelebihan Windows 10 Yang Harus Kamu Tahu
1. Tombol Start Baru
Microsoft telah mengembalikan fungsi Tombol Start sebagai menu utama untuk membuka berbagai aplikasi dan berbagai file, dan tombol ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan Windows 8 dengan desain tombol yang baru.
Ketika mengklik tombol tersebut Anda akan menemukan dua kolom, yaitu bagian kanan berisi aplikasi-aplikasi dalam tampilan Metro sedangkan bagian kiri berisi Most Used App, pengaturan, pilihan untuk menghidupkan dan mematikan perangkat, serta Explorer.
2. Cortana
Cortana berada tepat di samping tombol Start, cortana adalah search bar bertuliskan “Ask me anything” yang merupakan asisten virtual tandingan Siri dan Google Now yang bakal menjawab berbagai perintah dan pertanyaanmu.

Tampilan Cortana di Windows 10
Tampilan Cortana di Windows 10

Lalu Bagaiamana cara menggunakan Cortana di Windows 10?. Untuk memakainya, kita harus mengatur penggunaan mikrofon terlebih dahulu. Kemudian cukup mengatakan “Hey, Cortana” maka dia akan merespon dan menanyakan keperluanmu.
Cara menggunakan Cortana lainnya cukup dengan mengklik search bar itu untuk membuka menu pencarian. Di dalam menu tersebut diperlihatkan beberapa hal yang bisa dilakukan Cortana, seperti mengenali musik yang sedang dimainkan hingga merekomendasikan berita hari ini.
3. Microsoft Edge
Microsoft Edge Browser di Windows 8
Microsoft Edge Browser di Windows 8

Microsoft Edge adalah browser baru sebagai pengganti Internet Explorer yang telah di hilangkan oleh Microsoft. Lalu apa kelebihan Microsoft Edge sebagai browser?. Ketika kita sedang menjelajah situs tertentu dan menemukan referensi menarik untuk dicatat, maka kita tidak perlu repot membuka aplikasi lain untuk copy paste halaman web lalu memberi keterangan. Cukup klik fitur edit, maka halaman yang menarik itu langsung dapat ditambahi coretan-coretan yang Anda inginkan. Amazing bukan?
4. Mode Tablet
Apabila Anda menggunakan gadget hybrid, misalnya jenis komputer yang dapat berubah menjadi tablet, maka mode tablet ini akan sangat menarik. Beda dengan Windows 8 yang seolah memaksakan pengguna mencicipi antarmuka tablet, seri terbaru ini membuat Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.
Inilah tampilan Windows 10 mode tablet
Tampilan Windows 10 dalam mode tablet
Tampilan Windows 10 dalam mode tablet

Ketika mengubah komputer menjadi tablet, cukup klik ikon notifikasi kemudian pilih Tablet Mode. Maka interface akan berubah jadi lebih sederhana. Tombol Start pun beralih fungsi. Anda akan dibawa ke daftar aplikasi dalam gaya interface Metro, mirip Start Screen pada Windows 8.
5. Task View
Jika Anda melihat disamping Cortana, maka akan ditemukan logo berbentuk dua tumpuk kotak. Inilah tombol yang berfungsi mengaktifkan Task View di Windows 10.
Task View Windows 10
Task View Windows 10

Saat tombol ini ditekan, layar komputer akan menampilkan kolom-kolom yang berjajar teratur. Setiap kolom mewakili aplikasi yang sedang dibuka, lengkap dengan isi, keterangan dan tombol silang untuk menutupnya.
Pengguna bisa membuat kelompok aplikasi. Contohnya, ketika Task View terbuka dan pengguna menekan tombol New Desktop, tampilan akan kembali ke desktop kosong.
Pengguna bisa mulai membuka aplikasi lain melalui tampilan ini, sebagai Desktop 2. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan Desktop 1 dan Desktop 2 dengan isi sekelompok aplikasi berbeda.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 comments