by

Jakarta: Sampah Perayaan Tahun Baru 2015 Cuma 85 Ton, Tahun Lalu 680 Ton

-Debroo-53 views

sampah jakarta tahun baru
Debroo.com – Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas, menjelaskan Total akumulasi sampah yang dihasilkan dari Perayaan tahun baru 2015 diberbagai tempat di Jakarta sebesar 85 Ton. Nilai ini sangat kecil dibanding Akumulasi total sampah pada tahun lalu sebesar 680 Ton.
Tyas, mengungkapkan, 35 ton sampah di antaranya dihasilkan dari penyelenggaraan Jakarta Night Festival (JNF) 2014.
“Sedangkan sampah yang dihasilkan dari perayaan tahun baru di tempat hiburan lima wilayah mencapai 50 ton. Total akumulasinya, tumpukan sampah yang akan dibawa ke TPA Bantargebang mencapai 85 ton,” kata wanita yang akrab disapa Tyas itu, di Jakarta, Kamis (1/1/2015).
Adapun titik persebaran perayaan pergantian tahun di tempat hiburan adalah di Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta Timur), Taman Impian Jaya Ancol (Jakarta Utara), Kota Tua (Jakarta Barat), dan Taman Margasatwa Ragunan (Jakarta Selatan).
Volume sampah yang dihasilkan dari perayaan Tahun Baru di kawasan Kota Tua sekitar 15-20 ton. Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji menjelaskan, khusus untuk pembersihan sampah Kota Tua, dibantu oleh beberapa pihak. Seperti personel Pramuka, Paskibraka, Koperasi PKL, dan Komunitas Manusia Batu. “Mereka berjumlah sekitar 700 orang dan mulai bekerja sejak pukul 05.30 pagi,” kata Adji.
Dia berencana kegiatan “Bersih Kota Tua” bersama beberapa pihak akan menjadi kegiatan rutin tiap satu atau dua bulan. Khusus bagi anggota Pramuka yang ikut kerja bakti membersihkan sampah akan mendapat tanda kecakapan khusus di seragamnya, yaitu badge berbentuk sapu.
Sekitar pukul 6.00 pagi tadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sempat mengunjungi Kota Tua. Menurut Adji, Djarot sempat ikut membersihkan sampah-sampah hasil perayaan malam Tahun Baru di kawasan Kota Tua.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *