by

Horee.. Harga Bensin Turun

-Debroo-47 views

harga bensin turun
Debroo.com – Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan pemerintah akan menurunkan harga BBM bersubsidi atau premium (RON 88) yang lebih dikenal masyarakat dengan Bensin dari harga Rp8.500 menjadi Rp7.600 per liter untuk wilayah Jawa, Madura, Bali (Jamali). Harga baru ini mulai berlaku per 1 Januari 2015. Dengan harga ini, pemerintah sudah mencabut subsidi untuk premium. Adapun BBM yang masih mendapatkan subsidi adalah jenis solar.
Premium yang sebelumnya masuk ke dalam kategori jenis BBM tertentu-bersama minyak tanah dan minyak solar-per 1 Januari 2015 masuk dalam kategori jenis BBM khusus penugasan.
“Bensin RON 88 (premium) di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) ditetapkan sebesar Rp 7.600 per liter,” tutur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (31/12/2014).
Meski turun dari harga Rp 8.500 per liter, Sudirman menyatakan, pemerintah tidak memberikan subsidi lagi untuk premium. Untuk jenis BBM khusus penugasan, pemerintah menanggung bea distribusi di luar Jamali.
Adapun harga bensin RON 88 (premium) yang masuk kategori jenis BBM umum hanya diberlakukan di Jawa, Madura, dan Bali. Pemerintah mematok harga Rp 7.600 per liter. Namun, dalam perkembangannya, harga premium non-subsidi ini bisa jadi berubah, tergantung kebijakan pemerintah daerah, yakni Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).
Adapun BBM jenis tertentu yang diberikan subsidi adalah jenis solar dan minyak tanah. “Harga minyak tanah tetap Rp 2.500 per liter, dan harga minyak solar menjadi Rp 7.250 per liter,” jelas Sudirman.
Sekedar Informasi saja, harga minyak tanah saat ini sebesar Rp 2.500 per liter, sementara harga minyak solar Rp 6.500 per liter.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *