by

Dunia Internasional Akui Tim SAR Indonesia Terbaik di Asia

-Debroo-48 views

Pilot Sedang Berdoa sebelum proses pencarian
Pilot Sedang Berdoa sebelum proses pencarian

Debroo.com – Indonesia memiliki kemampuan pencarian dan penyelamatan yang paling canggih di antara negara-negara Asia. Itu diketahui dari pengalaman berbagai insiden kecelakaan yang menimpa pesawat dan kapal feri di Indonesia. Baru-baru ini Dunia internasional memuji kemampuan tim SAR Indonesia yang mampu menemukan AirAsia QZ8501 dengan cepat dan dianggap sebagai salah satu tim SAR terbaik di Asia.
“Indonesia telah berpengalaman menghadapi bencana sehingga mereka memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam menginvestigasi berbagai insiden,” ungkap Greg Waldron, editor majalah penerbangan FlightGlobal, sebagaimana dikutip dari Wall Street Journal, Selasa (30/12/2014)
Dari catatan yang didapat, tim SAR Indonesia telah mampu menangani dengan baik berbagai kecelakaan, seperti tenggelamnya kapal feri dan beberapa kecelakaan pesawat, kendati menghadapi kondisi geografis yang cukup sulit.
tim sar indonesia
Waldron juga mengungkapkan, tim SAR Indonesia sebenarnya mampu mencari pesawat di lokasi terakhir pesawat tersebut melakukan komunikasi. Namun, karena kondisi cuaca yang buruk, hal itu urung dilakukan.
Waldron menambahkan, Tim Penyidik Indonesia memiliki hubungan yang mendalam dengan lembaga yang menyelidiki kecelakaan penerbangan di seluruh dunia. Termasuk, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat.
Martin Consulting, perusahaan penasihat penerbangan independen, mengungkapkan, Indonesia sebenarnya memiliki kapal laut tanpa awak yang mampu melacak keberadaan benda di bawah laut. “Indonesia sebenarnya memiliki kendaraan laut tanpa awak yang dapat menavigasi meskipun cuaca di laut sangat berat,” kata Mark Martin.
“Jika pesawat tersebut turun, saya yakin bahwa itu akan ditelusuri dengan cepat dan upaya penyelamatan bisa berlangsung sukses,” sambungnya.
CEO AirAsia Toni Fernandes malam ini juga mengapresiasi tim SAR yang dengan cepat mampu menemukan posisi jatuhnya pesawat.
“Kami sangat berterima kasih kepada Basarnas yang dengan cepat menemukan korban. Saat ini, fokus kami adalah bagaimana mengevakuasinya,” tutur Fernandes.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *