by

Harga Minyak Anjlok, 20 Ribu Pekerja Migas di-PHK

-Debroo-45 views

Debroo.com. Harga Minyak Anjlok, 20 Ribu Pekerja Migas di-PHK.

Harga Minyak Anjlok, 20 Ribu Pekerja Migas di-PHK
Harga Minyak Anjlok, 20 Ribu Pekerja Migas di-PHK

Shlumbrger, Perusahaan jasa minyak dan gas bumi, telah umumkan rencana pemutusan hubungan kerja terhadap 11 ribu karyawannya pada bulan ini.

Hal tersebut merupakan langkah lanjutkan pasca di-PHK nya 9.000 tenaga kerja pada tiga bulan yang lalu. PHK massal ini adalah PHK terbesar sejak boom oil melanda dunia pada akhir dekade 1970-an. Shlumberger sampai saat ini mempekerjakan 82 ribu orang pada 80 cabang perusahaan di seluruh dunia.
Perseroan mencatat triwulan awal kali ini keuntungan perusahaan jatuh hingga 39 persen atau hanya sebanyak US$ 975 juta. Perolehan ini tercatat sebagai titik terendah sejak empat tahun lalu.
Anjloknya pendapatan disebabkan eksplorasi minyak di blok Laut Utara (North Sea) Amerika Utara yang juga anjlok sejak tiga bulan belakangan.
Nasib Shlumberger tidak jauh berbeda dengan perusahaan jasa migas lain di Amerika Serikat. Saat harga minyak yang jatuh hingga 50 persen sejak akhir tahun lalu, sebagian perusahaan menunda sekitar 15 persen dari rencana eksplorasi.
Lantaran buruknya investasi migas pada triwulan I 2015, lebih dari 100 jenis profesi yang berkaitan dengan migas dihantui ancaman PHK. Keadaan ini, dapat memperburuk situasi ekonomi Amerika Serikat ataupun negara lain seperti Inggris, yang turut masuk dalam 10 besar perusahaan minya dan gas global.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *