by

Sekolah Terbitkan SHUN

-Debroo-46 views

Debroo.com– Ujian Nasional memang merupakan saat yang paling menegangkan pada masa SMA. Karena itu merupakan langkah akhir untuk menentukan kelulusan. Namu kali ini, Ujian Nasional (UN) 2015 tidak lagi menjadi satu-satunya standar kelulusan siswa SMA/sederajat. Dinas Pendidikan hanya akan menerbitkan Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN).
Kepala SMA Widya Dharma Turen, Tiktoyo mengatakan SMA/sederajat hanya akan menerbitkan sertifikat nilai murni dari hasil UN. Sertifikat itu bukan menetapkan siswa tersebut lulus atau tidak dari Sekolah.
“Kelulusan sendiri tahun ini merupakan kebijakan Kepala Sekolah. Dimana aspek penilaiannya dari laporan hasil belajar (rapor) pada semester 3, 4, dan 5,” kata Tiktoyo di SMA Widya Dharma Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (13/4/2015).
Tiktoyo menambahkan, selain melihat hasil rapor pada tiap semester, sekolah akan menilai kepribadian siswa. Ketertiban siswa selama sekolah akan dinilai para guru.
“Untuk menilai kepribadian ini ada beberapa kategori, penilaian sikap A, B, dan C. Minimal kelulusan adalah dapat nilai B. Kalau siswa nakal dan tidak tertib akan masuk kategori C dan otomatis siswa tersebut tidak akan lulus,” pungkasnya.D

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *