by

Penyebab Batu Ginjal, Sering Dikonsumsi Manusia

-Debroo-57 views

Cara-Menghilangkan-Batu-Ginjal-Tanpa-Operasi
Penyakit batu ginjal disebabkan oleh adanya beberapa faktor makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya kematian.
 
Debroo.com– Masyarakat Indonesia, sejatinya adalah sosok yang sangat menyukai makanan dan minuman bervarian rasa tanpa menghawatirkan efek samping kepada tubuh apabila mengkonsumsinya. Tak dapat di pungkiri jika banyak yang meninggal dunia karena terserang oleh penyakit batu ginjal yang sudah mengarah ke gagal ginjal.
Batu ginjal merupakan penyakit ganas yang dapat dengan cepat membunuh manusia, karena ginjal memiliki peran penting dalam menyaring dan mengeluarkan limbah dari tubuh. Setiap hari, dua organ yang berada di kedua sisi tulang belakang ini menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter produk limbah – sebelum itu keluar dari tubuh dalam bentuk urine.
Namun, makanan tertentu dapat menyebabkan batu ginjal yang nantinya dapat menurunkan fungsi ginjal. Makanan yang sangat memikat hati untuk mencobanya, tak disangka dapat berakibat fatal kepada tubuh kita. Makanan – makanan yang memudahkan terjangkitnya penyakit batu ginjal adalah:
1. Kafein
Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengarahkan pada pengembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi dalam urine. Hal tersebut juga memicu gagal ginjal karena ada stimulan yang dapat membuat organ kelelahan. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda.
2. Pemanis buatan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu.
3. Daging
Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. Konsumsi makanan tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada ginjal karena limbah protein sulit dihilangkan. Perlu diketahui bahwa daging tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginjal.
4. Sarden
Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, Anda harus membatasi asupan tinggi purin (senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma). Sarden tinggi purin sehingga sebaiknya dibatasi. Jadi bagi anda yang sangat menyukai sarden, sebaiknya mulai dikurangi konsumsinya agar terhindar dari terjangkitnya batu ginjal.
5. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi (soda, minuman energi, dan jus kemasan) akan meningkatkan risiko batu ginjal dan bahkan menempatkan Anda pada risiko penyakit ginjal.
6. Produk susu
Produk susu tinggi kalsium dan baik untuk membangun tulang yang kuat. Namun, bagi mereka yang rentan terhadap batu ginjal, kalsium bukanlah teman. Bahkan, kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.
Inilah makanan dan minuman yang sangat disukai oleh masyrakat, namun jika terus mengkonsumsinya, tak akan luput dari terjangkitnya batu ginjal yang dapat menyebabkan kematian.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *