by

Modus Pelaku Membuat Air Zam-Zam Palsu Rasa Galon

-Debroo-39 views

 
Debroo.com- Polisi berhasil menggrebek kediaman pelaku pemalsuan penjualan air Zam-zam dan minyak zaitu, tepat di kediamannya sebuah pabrik di rumah tokoh Jalan Impres, Kelurahan Karang Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu 1 April 2015.
 
Sudarto yang kini ditahan oleh pihak kepolisian mengaku mengganti air zam-zam asli dengan air biasa. “Dia ganti dengan air mineral” ujar  Ajun Komisaris Besar Tatan Dirsan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Jakarta Pusat. Ia mengatakan memang sudah sebulan lamanya mengintai pelaku bisnis air zam-zam ini. Barang yang disita adalah puluhan air zam-zam palsu, minyak zaitun, dan madu lokal.
 
Hal ini terungkap karena adanya laporan dari masyarakat terhadap salah satu toko yang merupakan agen dari penjualan air zam-zam palsu milik Sudarto. Toko tersebut adalah Toko Rizki Agency di Tanah Abang. Setelah ditangkap oleh pihak kepolisian, pemilik mengakui bahwasanya penjualan tersebut berasal dari Sudarto.
 
Setelah melakukan penyelidikan tentang cara pembuatan air zam-zam palsu tersebut yang ternyata dibuat dengan cara memasukan air mineral galon yang berkapasitas 19 liter itu disalin ulang dalam jerigan berukuran 5 liter, 1 liter, dan botol 300 mililiter. Kemudian air zam-zam tersebut dikemas dengan menggunakan label zamzam water from Makkah Al Mukaromah. Kini pelaku bersama empat pelaku lainnya, ujar Tatan, terancam hukuman lima tahun penjara dengan pasal yang menjerat adalah pasal berlapis yakni tentang perindustrian, wajib daftar perusahaan, pangan, kesehatan, dan perlindungan konsumen.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *