by

Inilah Sektor yang Bisa Dongkrak IHSG

-Debroo-46 views

Debroo.com. Berita Ekonomi dan Bisnis serta Keuangan saat ini adalah banyak dibahas mengenai saham, inilah Sektor yang Bisa Dongkrak IHSG. Dunia Ekonomi dan Investasi serta keuangan di Indonesia mengalami masa kejatuhan, meskipun IHSG cenderung stabil, namun tidak menutup kemungkinan IHSG bisa turun permanen.

Bursa Efek Indonesia
Bursa Efek Indonesia

Seperti yang dilansir Debroo dari Tempo, menurut William Surya Wijaya, selaku Analis PT Asjaya Indosurya Securities, kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat ini cenderung stabil. Faktor naik-turun poin pun belum permanen. Dia memprediksi beberapa sektor yang akan dominan di pasar saham Indonesia tahun ini.

William mengatakan, beberapa bidang yang akan unggul dalam sektor keuangan, yaitu perbankan, properti yang di dalamnya termasuk konstruksi, konsumer, trade, dan retail. Investor yang menanamkan modalnya dalam bidang-bidang ini dijamin aman dan punya peluang yang bagus karena stabilnya ekonomi Indonesia saat ini.

Selain itu, aneka industri juga menjadi sektor lain yang akan berkembang dalam pasar saham tahun ini. Emiten besar dalam sektor ini, sektor perkebunan, dalam hal ini CPO, cenderung stabil. Nilai harga CPO yang mulai membaik, seiring dengan kembali meningkatnya permintaan dunia membuat CPO akan tetap bertahan tahun ini. Lain halnya dengan sektor pertambangan, terutama batu bara.

Batu bara memiliki tantangan nya tersendiri. Harga komoditas batu bara yang anjlok tahun lalu, belum nampak membaik hingga kini. Terlebih lagi, persaingan dengan harga minyak yang naik-turun juga mempengaruhi penurunan permintaan terhadap tambang jenis ini. Namun, saat rupiah melemah terhadap kurs dollar, tentu batu bara akan diterpa angin segar karena mereka lebih banyak ekspor ketimbang penggunaan dalam negeri.

Hal terpenting, kata dia, dominasi saham pertambangan sudah bergeser. Banyak emiten di luar sektor minyak dan gas yang berkembang pesat. William mencontohkan sektor konsumer, perkapalan, dan properti sedang mengalami kenaikan sehingga memberi efek positif bagi pergerakan pasar saham.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *