by

Inilah 2 Jenis Asam Urat Yang Banyak di Derita Manusia

-Debroo-59 views
Asam Urat
Asam Urat

Debroo.com. Inilah Dua Jenis Asam Urat Yang Banyak di Derita Manusia, yaitu Asam Urat Primer dan Asam Urat Sekunder. Kedua jenis asam urat ini, memiliki penyebab dan sifat yang berbeda, walaupun pada dasarnya penyakit ini menyerang pada bagian tubuh manusia yang sama.

1. Asam Urat Primer
Asam Urat Primer terbentuk akibat penurunan sekresi asam urat secara langsung, penyebab utama asam urat primer hingga kini belum diketahui secara pasti.

Muncul dugaan bahwa penyakit asam urat primer sangat berkaitan dengan faktor genetika dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metobolisme dan mengakibatkan peningkatan produksi asam urat.

Namun, selain dari kedua faktor tersebut, asam urat primer juga bisa diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari dalam tubuh manusia.

2. Asam Urat Sekunder
Asam Urat Sekunder banyak disebabkan oleh meningkatnya asam urat dan berkurangnya pengeluaran asam urat dalam urin. Kasus peningkatan asam urat itu sendiri dapat terjadi karena pegaruh makanan dengan kadar purin yang tinggi.

Purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat atau asam inti dari sel dan termasuk dalam kelompok asam amino yang merupakan unsur pembentuk protein.

Makanan dengan kadar purin yang tinggi antara lain : jeroan, sarden, kerang, dan minuman beralkohol. Sedangkan daging sapi, ayam, bebek kepiting, tiram, udang, kacang-kacangan, asparagus, jamur, bayam, melinjo, kadar purinnya moderat.

[Baca Juga : Wow, Penyakit Asam Urat Ternyata Penyakit Tertua Yang Berhasil Dideteksi Sejak 460 SM]

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *