by

Tips Excel : Cara Praktis Cetak Label Undangan Super Cepat

-Debroo-287 views

Debroo.com – Cara Praktis Cetak Label Undangan Super Cepat. Label yang Debroo maksud disini adalah Label Undangan Tom&Jerry yang biasa digunakan atau ditempel pada plastik (bungkus) Undangan yang akan di sebar(bagikan). Ribuan data tamu (biasanya Nama dan Alamat) yang akan dicetak, sangat menguras waktu dan Tenaga jika tanpa dibantu sebuah software pembantu.
Namun disini Debroo akan berbagi Tips Mudahnya semudah membalikan telapak tangan, hanya dengan menggunakan Microsoft Excel. Anda tidak perlu repot-repot menginstal sebuah software pencetak label undangan untuk melakukanya, Excel dengan sentuhan macros didalamnya sudah cukup mumpuni untuk mengolah data menjadi apa saja. Anda juga tidak perlu mahir menggunakan rumus/formula excel untuk membuat label undangan, cukup mengikuti petunjuk Debroo.
Cara ini Debroo buat saat ada seorang teman meminta bantuan untuk mencetak label undangan dari sebuah daftar nama yang isinya ribuan nama undangan. Saat Debroo cek langsung, ternyata daftar nama itu masih ditulis dibuku dan masih diketik dalam sebuah Microsoft Word dalam format Kotak-kotak. Dan teman itu meminta bantuan untuk menginputkanya dalam format tersebut. Waduh, Kalo seperti ini kapan selesainya?
Langsung deh debroo minta daftar itu di inputin ke dalam Excel saja dengan format tabel seperti ini,
kemudian Debroo minta waktu 5 menit untuk membuat format cetakan label tersebut. Sebenarnya bukan 5 menit sich.. tapi sambil nunggu sang teman inputin ribuan nama-nama kedalam excel, Debroo buat dulu rumus/kode didalam Excel sekitar 30 menit. Toh, Setelah selesai juga bisa digunakan dalam hitungan detik.
Mari kita simak Langkah-langkahnya, Mudah kok..

Membuat Data Tabel Undangan dan Formatnya

1. Buka Microsoft Excel dan buat tabel seperti teman Debroo diatas. (ingat ya, buat tabelnya pada Sheet1)
2. Buka Sheet2 sebagai format ukuran Label, Disinilah kita akan menempatkan nama dan alamat undangan.

  • Untuk jarak lebar antar label, kita akan gunakan Ukuran satu kolom saja dengan lebar sesuai kebutuhan. Ikuti saja ukuran kira-kira seperti pada gambar. Kolom A,C, dan E ukuranya lebih lebar. Sedangkan Kolom B dan D ukuranya lebih kecil.
    Biasanya untuk 1 lembar Label Tom&Jerry yang umum dipakai berisi 12 Label (3 Kolom dan 4 Baris). Untuk ukuran lain bisa tanya-tanya disini. Dengan 12 isi label dalam 1 lembar, berarti setiap 12 nama undangan, kita akan ganti lembar. Maka lebih mudah kita gunakan Sheet baru yang secara otomatis dibuat sistem.
  • Untuk jarak Tinggi antar Label kita akan menggunakan jumlah Rows(baris), secara default Debroo menggunakan 2 baris/rows.

Nah, dengan dua cara tersebut, kita telah menyiapkan semuanya, tinggal sedikit sentuhan macro/VBA, proses cetak langsung otomatis. Oh iya, Debroo menggunakan Microsoft Excel 2007 untuk melakukanya, untuk Versi lain tidaklah jauh berbeda.
Mari Kita Lanjutkan dengan membuka Visual Basic For Aplication (VBA) yang sudah tersedia di Excel. Ini untuk meletakkan kode yang sudah Debroo buat yang kemudian tinggal diklik saja sudah beres pekerjaan kita, Tinggal Print.
Lanjut Halaman 2

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *