by

Sepanjang 350.000 Km Jalan Kabupaten-Kota Rusak, JK Perintahkan Segera Perbaiki

-Debroo-43 views

Jalan-Kabupaten-kota-Rusak-parah
Debroo.com – Separuh dari total 350.000 Km panjang jalan Kabupaten-Kota yang terbentang masih belum layak pakai. Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla telah memerintahkan agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera memperbaiki jalan Kabupaten-Kota yang Rusak parah.
Menteri Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono, Mengatakan, telah mendapat perintah langsung dari Wapres Jusuf Kalla.
“Saya waktu di Kupang, beliau (JK) telepon karena masih ada anggaran, bagaimana kalau jalan di provinsi, kabupaten dan kota diperbaiki,” terang Basuki kepada wartawan di kantornya, Selasa (23/12).
Basuki mengungkapkan, jalan nasional yang terdapat di Indonesia saat ini terbentang sepanjang 38.000 Km. Jalan provinsi sepanjang 47.000 Km.
“Yang mantap 93 persen (jalan nasional), yang tidak mantap 30 persen (jalan provinsi),” ungkapnya.
Namun, jalan yang paling parah atau rusak terdapat di wilayah Kabupaten/Kota yang total panjang jalan mencapai 350.000 Km.
“Yang rusak 50 persen.”
Basuki berjanji akan memperbaiki jalan rusak yang ada di wilayah Kabupaten/Kota dengan memanfaatkan sisa anggaran yang ada. Namun demikian, Basuki enggan membeberkan sisa anggaran yang dimaksud.
Selain itu, anggaran yang sudah dialokasikan saat ini mencapai Rp 23 triliun.
“Kalau memang tahun 2016 bisa kita tarik 2015, kita akan alokasikan lagi tambahan Rp 46 triliun untuk provinsi, kabupaten dan kota,” paparnya.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *