by

Gilee Broo, 20 Polwan Cantik Jalani Ritual Mandi Kembang di Gunung Galunggung

-Debroo-64 views

“Penerimaan Bintara Baru”

polwan-mandi-kembang-di-gunung-galunggungDebroo.com – Siraman air kembang di Lokasi Gunung Galunggung merupakan acara puncak penerimaan Bintara Baru oleh jajaran Perwira di Polres Tasikmalaya, Sabtu (14/2/2015). Sebanyak 96 anggota mengikuti kegiatan mandi kembang, yang terdiri dari 20 polisi wanita (Polwan) dan 76 Polisi Laki-laki (Polki). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka bina tradisi penerimaan dan pembaretan Bintara baru Polwan dan Polki. Uniknya, Acara tersebut menepati hari Valentine.

“Sebelumnya mereka harus berjalan kaki dari Mako Polres Tasikmalaya ke Lokasi Gunung Galunggung, sampai akhirnya diberi baret dan mandi kembang,” jelas Kepala Polres Tasikmalaya AKBP Susnadi SIK, di lokasi acara, Sabtu sore.
Menurut Susnadi, dalam kegiatan ini, Bintara Remaja terbagi tiga regu dan tiga pos rute untuk berjalan kaki menuju pos-pos yang di tentukan. Tak hanya berjalan kaki, para anggota polisi baru ini melakukan latihan merayap di air, lumpur dan alan bebek serta berguling.
“Jarak yang harus ditempuh sekitar 50 kilometer dengan jalan kaki,” kata dia.

tradisi-penerimaan-bintara-baru
Ilustrasi

Dalam arahannya di hadapan polisi baru itu, Susnadi menambahkan, tradisi pembaretan ini dilaksanakan merupakan tradisi yang harus dilakukan apabila ada Bintara Remaja yang akan memulai tugas di Polres Tasikmalaya.
Tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antara senior dengan junior juga untuk tetap menjaga kekompakan di antara anggota Polres Tasikmalaya.
Pada acara itu juga dilaksanakan pemilihan kakak asuh untuk bintara remaja yang memilih senior-seniornya untuk dibimbing dalam pelaksanaan tugas.
“Intinya acara bina tradisi ini untuk lebih mempererat jalinan silaturahmi anggota antara senior dan junior,” pungkas dia.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *