by

Batu Sisik Naga Enrekang, Batu Akik dari Sulawesi Selatan

-Debroo-41 views
Batu Sisik Naga Enrekang
Batu Sisik Naga Enrekang

Debroo.com. Selain Batu Akik Bungur dan Anggur Api, yang brasal dari Lampung, kini mulai dikenal juga batu akik Sisik Naga Enrekang, dengan corak dan warnanya beragam, batu sisik naga atau septarian nodule asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan semakin diburu oleh para kolektor batu akik.

Masyarakat juga ramai mencari batu unik ini untuk dijual kepada para pemburu batu akik, sebagai penghasilan tambahan selain bertani, terutama Di Buntu Lamba, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang dengan harga per kilo batu sekitar Rp.100 ribu.

Para petani di desa ini harus berjalan jauh, melawati persawahan dan jalan terjal, untuk mendapatkan bongkahan batu sisik naga. Sungai yang berair deras pun diladeni.

“Coraknya yang unik menjadikan batu sisik naga ini diincar para penggemar batu akik,“ ucap Azis, warga Baraka yang mencari batu sisik naga di sungai Baraka yang alirannya deras.

Sejak batu ini punya nilai tinggi, tidak hanya orang dewasa yang mencari. Anak-anak pun ikut mencari batu sisik naga untuk dijual, agar bisa membantu biaya sekolah.

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun harus rela menelusuri sungai yang deras.

“Saya sudah dapat Rp 5 juta dari hasil menjual batu sisik naga. Ini bisa membantu orang tua dan kebutuhan sekolah,” ucap Ilham, siswa SMP di Kecamatan Baraka, kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *