by

Batu Akik Anggur Api, Akiknya Ulun Lampung

-Debroo-74 views

Batu Akik Anggur Api asal waykanan
Batu Akik Anggur Api asal waykanan

Debroo.com. Menggeliatnya pesona Batu Akik saat ini, telah menjadi daya tarik sendiri untuk para pejabat, berlomba-lomba mencari batu akik yang paling bagus dan paling baik kualitasnya.
Tak ketinggalan juga, salah satu pejabat Lampung, yakni Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri yang tengah menghadiri pembukaan pameran batu akik ‘Revolusi Batuan Indonesia’ di Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung, Senin malam, 9 Februari 2015.
Seperti yang dilansir dari DuaJuarai.com, Pameran yang digelar oleh Perhimpunan Pencinta dan Pengusaha Permata Indonesia (4PI) ini juga dihadiri oleh Bupati Way Kanan Bustami Zainudin serta budayawan Lampung Ansori Djausal yang juga ketua panitia gelaran tersebut.
Dalam sambutannya Bustami mengaku bangga dengan diikutsertakannya batu anggur api yang ternhyata berasal dari Way Kanan pada pameran tersebut. “Saat ini batu akik menjadi salah satu mata pencarian masyarakat Way Kanan, karena batu akik menjadi potensi yang sangat besar di era kemerosotan perekonomian di bidang perkebunan (di Way Kanan),” ujar Bustami.
Bustami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang membantu mengembangkan potensi batu akik asal Way Kanan. “Semoga karya anak bangsa ini bisa terus berkembang, saya bangga, mari mulang tiyuh (kampung). Sesuai jargon kita ‘jangan ngaku orang Lampung kalau belum punya batu anggur api,” kata Bustami.
Dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Lampung (Wagub) Bachtiar Basri resmi meluncurkan (launching) batu akik anggur api asal Way Kanan pada pameran batu akik ‘Revolusi Batuan Indonesia’ di Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung, Senin malam, 9 Februari 2015.
Wagub Bachtiar Basri (kanan) bersama Bupati Way Kanan Bustami Zainudin (kedua dari kanan) serta budayawan Lampung Ansori Djausal (ketiga dari kanan) me-launching batu akik anggur api asal Way Kanan
Wagub Bachtiar Basri (kanan) bersama Bupati Way Kanan Bustami Zainudin (kedua dari kanan) serta budayawan Lampung Ansori Djausal (ketiga dari kanan) me-launching batu akik anggur api asal Way Kanan

Peluncuran batu anggur api itu juga dihadiri Bupati Way Kanan Bustami Zainudin serta budayawan Lampung Ansori Djausal yang juga ketua panitia gelaran tersebut. Peluncuran itu ditandai dengan membuka bersama kain hitam yang menutupi dua bongkah batu anggur api.
Pada kesempatan tersebut, Bachtiar mengatakan Provinsi Lampung harus bangga karena memiliki batu akik anggur api dari Way Kanan. “Kita tahu Indonesia saat ini demam batu (akik). Saya terkesima awalnya kenapa tidak ada batu dari Lampung. Padahal sebenarnya sudah lama sekali Lampung punya batu, saya senang malam ini bisa perkenalkan secara resmi,” kata Bachtiar.
Ia sendiri mengaku telah mengkoleksi batu anggur api. “Saya juga seorang yang hobi mengoleksi batu nusantara, dan saya sudah punya tiga batu anggur api, satu dari pemberian dari bupati Way Kanan,” ungkapnya.(*)

Advertisements

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *